7 Tips Cara Mencuci dan Merawat Gorden

Gorden (gordyn) seringkali luput dari perhatian kita saat membersihkan rumah. Padahal gorden adalah benda yang dapat terlihat dengan jelas oleh tamu bila kotor dan tidak terawat. Meskipun tidak harus sesering membersihkan rumah, gorden tetap perlu dibersihkan secara teratur agar tidak mengganggu keindahan rumah Anda.

Idealnya, gorden harus dicuci dan dibersihkan setiap tiga bulan sekali. Sedangkan vitrasenya dibersihkan setiap satu bulan sekali, sebab vitrase ini lebih cepat kotor bila dibandingkan dengan gorden.

Sebelum Fresher memulai mencuci ada baiknya diperhatikan bahan kain dari Gorden dan Vitrase anda. Karena berbeda bahan maka berbeda pula cara penanganannya.

1. Vitrase yang polos atau Berumbai/Bordiran
Untuk vitrase yang polos dapat dicuci menggunakan mesin cuci. Namun khusus untuk vitrase yang berumbai dan berbordir, sebaiknya dicuci dengan tangan saja—jangan menggunakan mesin cuci, jangan pula disikat. Karena itu semua bisa mengakibatkan rusaknya vitrase.

2. Gorden dari bahan chenille harus dicuci kering, karena kalau dicuci cara biasa bisa menciut.

3. Gorden bahan beludru bisa dicuci sendiri asal jangan memeras dengan cara memelintirnya, sebab akan membuat bulu-bulunya rontok. Namun kalau Anda ingin aman, sebaiknya cuci bahan beludru ini laundry.

4. Gorden yang dilengkapi pelmet. Untuk mencucinya, cukup siram dengan air dan sikat dengan sikat yang berbulu halus. Ini supaya tidak merusak kain keras yang ada pada kain.

5. Apabila gorden Anda menggunakan renda-renda yang berwarna-warni, terutama untuk pencucian pertama, sebelum mencelupkan seluruh gorden ke dalam air, lakukan tes kecil pada renda tersebut. Renda, sebelum dicuci bersama dengan gorden, sebaiknya dites dulu untuk mengetahui luntur atau tidak. Celupkan sedikit renda berwarna pada air, bila warna renda tidak luntur, maka Anda bisa dengan aman mencuci gorden Anda. Namun bila renda tersebut luntur, maka mau tidak mau, Anda harus mencopotnya lebih dulu, dan mencucinya secara terpisah.

6. Perlu diingat saat sebelum mencuci, kawat, smock ring, dan besi yang ada pada gorden harus dilepas. Ini untuk menghindari karat yang bisa menyebabkan rusaknya gorden.

7. Agar gorden dan vitrase lebih bersih, sebaiknya rendam dulu dalam air panas selama kurang lebih 2 – 3 jam. Hal ini berguna untuk menghilangkan lemak dan kotoran yang agak susah dihilangkan. Setelah direndam, baru gorden dan vitrase dicuci dengan di-kucek ataupun dengan menggunakan mesin cuci.

Siap mencuci Gordyn dan Vitrase anda Fresher? Jika terlalu repot mungkin ada baiknya anda bawa ke jasa laundry terdekat ^^

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme