Fresher memiliki baju atau kain batik yang cantik? Perlu diperhatikan bahwa batik kamu perlu mendapat perawatan agar warna cantiknya tidak pudar. Yuk cek tips perawatan batik berikut:

1.Jika batik tidak terlalu kotor, maka Fresher tidak perlu terlalu lama mencuci atau merendamnya dengan sabun. Sifat detergen yang keras bisa melunturkan warna kain batik Fresher yang cantik. Solusinya Fresher bisa mencucinya dengan hanya direndam menggunakan air hangat juga bisa diberikan sabun mandi atau sabun bayi yang lembut. Jika ada bagian yang agak kotor Fresher bisa mengoles bagian tersebut dengan sabun kemudian dikucek secara perlahan. Cara lain Fresher bisa menggunakan produk sabun batik seperti lerak.

2.Jika ingin menjemur batik maka batik yang basah tak perlu diperas. Jangan menjemur batik langsung di bawah sinar matahari. Jemurlah di tempat teduh atau diangin-anginkan hingga kering.

3.Saat menjemur batik, tarik bagian tepi batik secara perlahan agar serat yang terlipat kembali ke posisi semula.

4.Hindari menyetrika batik secara langsung. Jika batik tampak sangat kusut, semprotkan sedikit air di atas kain batik lalu letakan sehelai alas kain di atasnya, baru diseterika.

5.Bila Anda ingin memberi pewangi atau pelembut kain pada batik tulis, jangan semprotkan langsung pada kainnya. Sebaiknya, tutupi dulu batik tulis dengan koran, lalu semprotkan cairan pewangi dan pelembut kain tadi di atas koran.

6.Jangan semprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke kain batik, terutama batik sutera dengan pewarna alami.

7.Cara ideal menyimpan batik kesayangan Fresher adalah dengan digantung juga bisa dimasukan dalam plastik atau pembungkus pakaian agar tak dimakan ngengat. Hindari pemakaian kapur barus secara langsung ke baju batik. Solusi agar lemari bebas rayap, bisa menggunakan merica atau lada yang dibungkus tissue dan diletakkan di pojok-pojok lemari.

Mudah bukan Fresher, yuk berikan perawatan yang baik untuk batik kesayangan kamu.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme