Cara Cegah Flu di Musim Hujan

Musim hujan identik dengan musim basah, lembab plus dingin. Nah, disaat musim hujan ini pulalah daya tahan tubuh kita akan teruji. Penyakit flu adalah penyakit yang paling mungkin menjangkiti di musim hujan. Apakah Anda termasuk yang mudah terserang flu? Cara Cegah Flu di Musim Hujan bukan sesuatu hal yang susah

Jika iya maka sebaiknya Anda persiapkan daya tahan tubuh dan jangan biarkan virus flu menyerang. Daya tahan tubuh bisa diperkuat dengan makan secara teratur dan pasti bergizi plus secara teratur melakukan olahraga. Kali ini Mr.Fresh akan bagikan informasi detil mengenai tips cegah serangan flu di musim hujan.

1) Makan yogurt
Yogurt sangat baik bukan hanya untuk mendukung diet Anda, namun juga memiliki banyak kandungan sehat memperkuat kekebalan tubuh. Menurut sebuah penelitian, yogurt juga mampu melawan penyakit dan mengaktifkan perlawanan terhadap virus pada sel darah putih.

2) Makan dan minum makanan kaya vitamin C
Vitamin C adalah perisai untuk segala penyakit. Dengan banyak makan buah dan sayur kaya vitamin C, maka tubuh akan lebih kuat dan segar bebas flu dan penyakit lain.

3) Cuci tangan sebelum dan setelah melakukan apa-apa
Tangan anda menyentuh segala benda sehingga bisa jadi tertempel berbagai bakteri. Jadi, siapkan hand sanitizer dan selalu cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah melakukan sesuatu terlebih saat anda ingin makan.

4) Makan ikan
Pastikan memasukkan menu ikan laut dua porsi dalam seminggu karena asam lemak omega 3 diketahui dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh terhadap penyakit. Akan lebih baik pula jika Anda juga makan bayam dan berbagai sayuran hijau untuk memperkaya nutrisi.

5) Olahraga pagi hari
Jangan abaikan olahraga, saat hujan justru tubuh perlu banyak bergerak untuk mengaktifkan kewaspadaan tubuh terhadap penyakit. Dengan menjaga kebugaran, udara bersih pagi hari dan mendapat sinar matahari hangat, akan memenuhi vitamin D dan menjaga tubuh jauh dari penyakit.

6) Jaga sirkulasi udara yang baik
Buka lebar bagian pintu atau jendela Anda saat pagi hari untuk menukar udara di dalam rumah yang tidak baik dengan udara yang lebih segar dan baru. Sehingga sirkulasi udara di rumah bisa berganti dan anda kan mendapat asupan udara lebih baik.

7) Mandi malam hari dengan air hangat
Sesekali mandi di malam hari dengan air hangat,ini akan sangat mampu merelaksasi otot yang tegang dan stres karena seharian beraktivitas. Berendam dengan tambahan aromaterapi juga sangat baik membuat tidur lebih nyenyak dan mencegah penyakit. Tetapi jangan mandi terlalu malam karena tidak baik juga untuk kesehatan.

8) Jangan begadang dan tidur yang cukup
Hal paling penting lainnya adalah memberi waktu cukup untuk diri sendiri beristirahat. Tidak ada gunanya Anda olahraga dan makan sayur dan buah namun mengabaikan tidur yang cukup selama 8 jam sehari untuk tetap sehat.

9) Kurangi Minuman Dingin
Minuman dingin bisa berpotensi menyebabkan batuk plus flu, terlebih untuk Anda yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Karena itu pada saat musim hujan sebaiknya kurangi dulu ya konsumsi minuman dingin.

Terapkan delapan kebiasaan tersebut dan daya tahan tubuh Anda akan meningkat sehingga tubuh akan lebih kebal menangkis virus flu. Salam Sehat Fresher!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme