Cara Mengelola Pikiran Positif

Coba bayangkan Fresher, jika Anda sedang menghadapi suatu masalah apakah yang terbayang dibenak Anda ? anda harus mampu Mengelola Pikiran Positif agar menjadi kekuatan dalam diri anda

Apakah terbayang keyakinan akan bisa melalui masalah tersebut atau justru ketakutan akan kegagalan serta beratnya hambatan yang harus dilalui? Jika Anda berfikir akan kemudahan serta percaya akan jalan keluar berarti Anda sudah berhasil mengelola pola pikir yang positif. Tetapi jika sebaliknya maka Anda masih dibebani oleh ketidakpercayaan diri dan pikiran negatif.

Padahal untuk melalui berbagai rintangan di hidup ini akan lebih mudah jika kita bisa selalu berpikiran positif. Sesungguhnya Allah berfirman:
“Aku sebagaimana prasangka hambaku kepada-Ku. Aku bersamanya jika ia berdoa kepada-Ku.” [HR.Turmudzi]

Nah, ada beberapa cara yang bisa Fresher lakukan untuk dapat selalu mengelola pikiran positif. Dikutip dari beberapa sumber, Mr.Fresh kali ini akan rangkumkan tipsnya untuk Anda:

1. Dzikrullah (Mengingat ALLAH SWT)
Tentunya cara yang paling utama adalah dengan mengingat ALLAH, ambil air wudhu, sholat, baca Al-Qur’an, dan berzikir. Mintalah petunjuk kepada sang maha kuasa dan selalu percaya bahwa Allah selalu bersama hamba Nya. Percaya bahwa Allah selalu memberikan yang terbaik bagi hamba Nya.

2. Meditasi
pakar psikologi positif Barbara Fredrickson dan koleganya meneliti tentang pentingnya meditasi dalam membangun emosi positif. Hasil risetnya, orang yang melakukan meditasi tiap hari memiliki kecenderungan untuk berpikir positif lebih banyak. Orang yang rutin meditasi juga cenderung memerhatikan aspek hidup jangka panjang mereka, seperti kesadaran diri, tujuan hidup, dukungan sosial dan gaya hidup sehat.

3. Menulis
Journal of Research in Personality mengungkapkan bahwa menulis tentang hal positif yang mereka lalui tiap hari dapat meningkatkan mood. Tidak hanya itu, menulis hal positif ternyata juga dapat menjaga kebugaran fisik, menurut penelitian tersebut.

4. Bermain
Tentu saja dengan bermain kita akan mendapatkan emosi positif karena merasa senang. Jika selama ini Fresher telah menata rapi jadwal presentasi, deadline tugas, meeting dan sebagainya pada kalender Anda. Kenapa tidak merencanakan jadwal bermain? Anda layak mendapatkannya.

5. Enjoy The Little Things
Ya, banyak yang selalu merasa kekurangan dan pikiran negatif itu yang selalu berputar dalam benak mereka. Padahal jika kita mau melihat dengan mata hati kita sebenarnya banyak sekali hal yang patut disyukuri. Menikmati hal-hal kecil dalam hidup dapat membuat Anda berpikir lebih positif.
Selain itu, lebih banyak melibatkan diri dalam hal-hal yang lucu dan indah juga turut membantu dalam membangun pemikiran positif bagi diri.

6. Lihat Sisi Baik
Dari semua hal yang terjadi selalu ada dua sisi positif dan negatif. Semuanya tergantung dari sudut pandang mana kita melihat. Jadi, saat mendengar berita yang sedikit mengganggu telinga, cobalah untuk mencari sisi baiknya. Hal ini akan melatih Anda untuk dapat selalu mengelola pikiran positif.

7. Cari Motivasi Diri
Ada beberapa orang yang membutuhkan motivator didalam hidupnya agar bisa menjadi penyemangat dalam hidup. Orangtua, keluarga, anak, biasanya dapat menjadi motivasi yang paling kuat. Begitu juga dengan adanya tokoh idola. Sosok motivator bagi diri ini akan selalu membuat Fresher bersemangat dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi suatu hambatansehingga pikiran negatif akan terbuang dengan sendirinya.

8. Tulis Semua Keluhan
Merasa keadaan sedang memusuhi Anda? Tulis semuanya dalam bentuk pointers. Ronald Potter-Efron, Ph.D., anger-management specialist di Eau Claire, Wisconsin dan coauthor dari buku Letting Go of Anger, menulis dapat membantu seseorang untuk menyingkirkan emosi negatif.

Para peneliti telah lama mengetahui bahwa emosi negatif justru akan memprogram otak Anda untuk hanya dapat melakukan hal yang terbatas. Dengan kata lain emosi negatif membatasi opsi-opsi yang tersedia, akan mempersempit ruang pikiran Anda. Sedangkan pikiran positif justru akan membuat Anda merasakan kesenangan, kepuasan atau cinta. Berpikir positif dapat memperluas pikiran Anda dan dapat membuat Anda melihat lebih banyak kemungkinan yang tersedia.

Jadi , masihkah Anda tetap mau mengelola pikiran negatif ?

Sumber : www.livingwell.co.id, www.glitzmedia.co

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme