Pahlawan Diri

There’s a hero
If you look inside your heart

Hero by Mariah Carey

Setiap orang bisa menjadi pahlawan. Pahlawan tidak harus dalam artian membela banga dan negara tetapi juga dalam artian ingin membantu juga menyebarkan bagi kebaikan. Kebaikan bagi diri kita sendiri juga orang-orang sekitar.

Jangan pesimis dengan dampak kecil yang kamu lakukan itu karena bukan tidak mungkin kebaikan kecil yang terus menerus kamu lakukan bisa menjalar dan diikuti oleh orang lain. Nah, ingin tahu kebaikan apa saja yang bisa kamu lakukan? Berikut Mr.Fresh rangkumkan informasinya untuk kamu.

1. Senyum & Sapa
Mungkin bagi kamu tersenyum adalah hal yang mudah dan selalu terpasang diwajah kamu setiap harinya. Tetapi pernahkah Fresher berfikir bahwa ada orang-orang yang sangat sulit memasang senyum diwajah mereka. Dengan berbagai macam alasan mungkin juga masalah menghapus senyum diwajah mereka. Kalau kamu menemukan orang seperti itu kenapa tidak berbagi senyum yang kamu miliki. Tersenyum dan sapalah mereka, terkadang hal kecil seperti itu bisa sedikit meringankan beban mereka.

2. Peduli Pada Orang Lain
Senyum & sapa tadi menggambarkan betapa kita memunculkan sikap peduli pada orang lain. Tidak memikirkan diri sendiri dan menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi. Itu sikap pahlawan. Anda bisa menumbuhkan sikap itu dengan cara yang sangat sederhana. Mulailah dengan membahagiakan orang-orang terdekat Anda. Memberikan perhatian khusus merupakan wujud perhatian yang sangat berarti dan menyenangkan.

3. Mengasah Empati
Coba perhatikan sekeliling kamu. Saat berada diluar cobalah melihat mereka yang lebih kekurangan daripada Fresher. Dengan begitu kamu akan menyadari betapa masih sangat beruntungnya kamu. Setelah itu tumbuhkanlah keinginan untuk berbagi hal yang kita punya.

4. Belajar Berkorban
Setelah mengasah empati maka kini saatnya belajar berkorban. Mengorbankan atau membatasi kesenangan diri dalam rangka untuk bisa berbagi dengan mereka yang membutuhkan. Coba dahulu dengan menyisihkan uang jajan atau uang makan kamu setiap harinya. Dikumpulkan untuk kemudian diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Korbankan waktu bersenang-senang kamu untuk melakukan hal yang bermanfaat seperti membantu kegiatan lingkungan atau berkunjung dan bermain dengan adik-adik di panti asuhan. Bahkan kamu juga bisa menyediakan waktu untuk ayah, ibu, kakek atau nenek. Bercengkrama lah dengan mereka berbagi kasih dan tunjukan perhatian kamu. Karena tidak bisa kita pungkiri aktivitas juga gadget lebih banyak menyita waktu kita.

5. Berani Jujur
Mulailah dari kebiasaan jangan merasa malu mengakui keasalah diri sendiri. Menyalahkan orang lain, ingkungan sebagai faktor kegagalan bukanlah sikap seorang pahlawan. Jika Fresher mengalami kegagalan cobalah mencari penyebab dari dalam diri, putar ualng lagi apa saja langkah-langkah yang telah dilakukan. Kemudian, berusahalah untuk memperbaiki kegagalan tersebut.

5. Bersikap Tulus
Saat melakukan sesuatu jangan disertai pamrih karena ingin ini dan itu. Ingat, pahlawan tidak prnah pamrih atas apa yang telah dia berikan. Sikap tanpa pamrih bisa dilatih. Misal, dengan menutup mata terhadap kebaikan yang telah Fresher lakukan. Berbesar hati menerima kekalahan dan membuang rasa iri terhadap kesuksesan orang lain. Berikan pujian yang spontan dan wajar saat orang lain mencapai sesuatu.

6. Menghargai Orang
Fresher adalah pahlawa jika menghargai orang lain sama besar seperti menghargai diri sendiri. Jangan pernah memandang sebelah mata atau meremehkan kemampuan orang lain. Meski Fresher tahu pendapatnya keliru, tapi tetaplah mendengarkan pendapatnya dengan penuh perhatian. Setelah ia selesai berbicara barulah kamu menjelaskan dengan nada bicara yang tidak menjatuhkan.

7. Speak Up
Berbicara soal kebenaran terkadang sulit tapi itu mesti dibiasakan. Adakalanya rasa ketakutan atau bahkan sungkan lebih menguasai pada saat kita melihat ada tindakan yang melenceng dari norma-norma yang disepakati. Beranilah bersuara. Jangan hanya diam, mengeluh atau mengomel di belakang. Jika yakin pendapat kamu benar, jangan takut untuk berbeda pendapat dengan orang lain.

8. Pantang Menyerah
Semangat pantang menyerah sangat kental dengan sikap kepahlawanan. Kalau Fresher mempunyai kecenderungan mudah menyerah, maka langkah pertama adalah mengakui kelemahan itu. Dengan menyadarinya maka Fresher akan lebih siap untuk memperbaikinya. Kemudian, memotivasikan diri untuk mengembangkan sikap pantang menyerah. Jangan pernah surut langkah ketika Fresher gagal. Fokuslah pada tujuan, bukan hambatan.

Yap! Itu tadi 8 sikap yang bisa kita lakukan untuk bisa menjadi pahlawan bagi kehidupan kita. Pahlawan bagi diri sendiri dan orang sekitar. Yuk semangat berbuat kebaikan Fresher!

Beberapa bahan dikutip dari: tipsanda.com

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme