Tips Waspada Saat Liburan

Yaaay! teriakan semangat biasanya akan membahana jika kita akan pergi berlibur. Siapa yang tak senang dengan liburan? waktu yang tepat untuk rileks dan beristirahat sejenak dari rutinitas. Berlibur bisa kemana saja, ketempat wisata terdekat, ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Tapi waspadalah saat kamu memutuskan untuk berwisata.

Jika Fresher berencana berlibur ke daerah lain yang berbeda dengan daerah asal maka ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan demi keamanan serta kenyamanan saat liburan. Berikut Mr.Fresh rangkumkan beberapa Tips Waspada Saat Liburan:

1. Cek & Ricek Reputasi Biro Wisata
Jika akan bepergian melalui biro wisata maka kamu harus mencari biro wisata yang sudah memiliki reputasi baik. Paling tidak pilihlah biro wisata yang direkomendasikan teman atau kerabat yang sudah menggunakannya. Kemudian cek ricek juga paket wisata yang ditawarkan beserta fasilitas yang ada.

2. Jika Pergi Sendiri
Jika Fresher berniat untuk pegi sendiri atau bahkan berlibur ala backpacker maka persiapkan semua kebutuhan di tujuan dengan detil. Persiapkan barang bawaan sesuai musim di lokasi tujuan, susun dengan baik rencana perjalanan / itinerary. Pastikan Fresher juga sudah terlebih dahulu memesan tempat penginapan untuk menghindari kamar yang sudah penuh.

3. Menukar uang
Jika ke luar negeri, sebaiknya membawa uang dalam bentuk dollar AS. Lalu tukarkan ke mata uang setempat di money changer terpercaya setiba Fresher di negara tujuan. Bisa pilih bank atau tempat yang bertanda sebagai tempat penukaran resmi. Hindari menukarkan uang di bandara atau money changer yang padat turis, biasanya di tempat-tempat ini uang akan dihargai murah.

4. Bawa obat-oabatan pribadi
Untuk Fresher yang mempunyai penyakit yang dapat sewaktu-waktu kambuh maka harus membawa obat-obatan yang diperlukan. Jangan sampai terlupa ya Fresher agar kamu tidak kebingungan saat penyakit kambuh di lokasi liburan karena belum tentu obat yang kamu butuhkan tersedia disana.

5. Jangan berpakaian nyentrik
Penting bagi Fresher untuk tidak tampil mencolok di antara warga lokal. Cara berpakaian adalah cara adaptasi yang paling mendasar dan paling ampuh bagi tiap traveler. Jangan sekali-kali memamerkan harta seperti perhiasan, atau bersikap sombong hanya karena kamu seorang wisatawan. Karena dengan bersikap demikian malah bisa berpotensi mengundang niat jahat orang lain.

6. Jangan Mudah Percaya Orang Sok Akrab
Pasti sangat menyenangkan bertemu dengan warga lokal yang ramah. Tetapi Fresher harus tetap berhati-hati karena ada orang-orang tertentu yang mendekati wisatawan untuk melakukan penipuan. Jangan mudah percaya dan jangan menerima jika orang asing tersebut mendekati Fresher lebih dari seperlunya. Pertajam insting kamu untuk dapat menganalisa tindak tanduk mencurigakan dari orang asing.

7. Penipuan Belanja
Penipuan yang paling sering turis alami adalah ketika belanja. Saat itu, biasanya pedagang akan melonjakkan harga jauh lebih tinggi dari harga pasaran. Teliti tawaran diskon yang diberikan. Pastikan dulu kualitas produk yang di diskon. Fresher juga perlu tahu harga normal barang tersebut.

8. Waspadai Barang Bawaan Saat di Kerumunan
Destinasi wisata yang terkenal biasanya diminati banyak orang. Jadi jangan heran kalau tiba-tiba ada antrean panjang untuk masuk. Kalau berada di situasi seperti itu, pastikan kamu waspada dengan dompet dan segala perhiasan. Terutama, jika ada orang yang tiba-tiba berkerumun di dekat Fresher. Bisa jadi, mereka akan memanfaatkan kelengahan kamu yang memerhatikan kumpulan itu, dan mengambil barang berharga tanpa Fresher sadari.

Kewaspadaan bukan berarti menghambat kesenangan dalam berlibur. Kewaspadaan yang baik justru menambah kenyamanan kamu menikmati saat liburan. Happy Weekend Fresher!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme