Padatnya produktifitas atau kesibukan harian membuat kita terjebak dalam rutinitas yang sama setiap harinya. Oleh karena itu saat liburan bisa jadi saat yang dinantikan banyak orang untuk bisa beristirahat atau bersenang-senang melupakan rutinitas sejenak.

Dan tahukah Anda ternyata liburan juga memberi manfaat lain bagi diri kita. Seperti dikutip dari merdeka.com ada beberapa manfaat dari hari libur yang bisa kita dapatkan. Berikut daftarnya:

1. Mengembalikan kebugaran tubuh
Para ahli yakin bahwa kita dapat kembali bugar setelah berlibur. Kegiatan yang biasanya dilakukan ketika berlibur seperti berjalan, bersepeda, atau sekedar berlarian-larian dengan keluarga akan membuat Fresher melakukan olahraga bahkan tanpa disadari. Hal tersebut sangat jarang bisa kita lakukan saat melakukan rutinitas kerja sehari-hari.

2. Membangun tubuh
Kegiatan rutin setiap hari seperti bekerja sejak pagi hingga siang, bahkan sore tentu memberikan beban yang tidak sedikit pada tubuh. Tubuh harus siap untuk menghadapi segala kemungkinan buruk seharian dan hal ini merupakan potensi dari nyeri pinggang, migrain, dan sakit tenggorokan. Namun ketika liburan, semua semua penyakit ini bisa hilang dengan sempurna!

3.Bernapas lebih mudah
Pernahkah Fresher berkemah dan menghirup udara terasa begitu menyegarkan? Paru-paru memiliki kemampuan untuk memperbaiki diri jika selama 2×3 jam terisi udara yang segar dan murni. Jika Fresher berlibur ke tempat-tempat seperti puncak gunung, pedesaan, hutan, atau tempat lain yang memiliki sedikit populasi manusia dan polusi, maka akan membuat bernapas lebih mudah.

4.Inspirasi
Bekerja tanpa henti juga membuat kering ide. Berlibur ke tempat yang disuka, melakukan hobi, atau mencoba hal baru ketika liburan dapat membuat pikiran terasa lebih terbuka.

Hal ini tentunya berkat hormon endorfin yang dirilis oleh tubuh. Cobalah berlibur dan rasakan sinar matahari yang hangat, udara segar, maka inspirasi akan mengalir lebih lancar.

5.Mendekatkan hubungan dengan keluarga
Sering merasa kelelahan dan stres akibat bekerja dapat membuat kita jarang berinteraksi dengan keluarga. Maka dengan belibur bersama keluarga besar adalah saat yang tepat untuk semakin mendekatkan kembali kita dan keluarga.

6.Meningkatkan indera
Ketika seseorang terlalu sibuk bekerja, seolah-olah dia tidak merasa. Mungkin dulu Fresher suka makan kare atau steak yang lezat, namun karena banyaknya pekerjaan yang perlu segera selesaikan, makanan tidak memiliki rasa seenak dulu. Apakah hal tersebut terjadi pada Fresher? Jika iya, yuk segera berlibur!

7.Tidur lebih nyenyak
Tingkat stres yang jauh lebih rendah ketimbang bekerja juga membuat Fresher dapat tidur lebih nyenyak saat berlibur. Mungkin setiap hari kita harus melalui macet, rapat panjang yang membosankan, tetangga yang menyebalkan, pelanggan yang super galak, teman yang cerewet atau bos yang arogan yang membuat Fresher mengalami stres. Dengan berlibur Fresher dapat menghilangkan itu semua dengan menemukan tempat yang nyaman untuk mendengarkan musik dan mulai bersantai.

8.Lebih produktif
Menyadari hijaunya perbukitan dan birunya langit mungkin adalah hal yang sulit dilakukan di perkotaan. Suasana kota yang setiap hari sama dengan warna-warna yang sama membuat kita seolah lupa dengan keadaan menyenangkan di luar sana.

Sama dengan mata, otak juga akan mengalami hal yang sama ketika terjebak dalam kualitas yang sama setiap hari tanpa henti dan tanpa input yang cukup. Melakukan pekerjaan yang sama setiap hari membuat otak kurang efisien dalam bekerja sehingga dia memerlukan stimulator untuk kembali prima. Liburan adalah stimulator terbaik untuk mengembalikan kualitas kesehatan kita!

9. Orang yang ramah
Pernahkah Fresher sesekali merasa menjadi pemarah, sensitif, dan pesimis? Hal ini mungkin terjadi ketika kamu sangat jarang berlibur. Berlibur membuat kita menyadari bahwa Anda bisa memiliki kehidupan yang sangat berbeda di luar meja kerja.

Nah, banyak bukan manfaat liburan bagi kita? Yuk manfaatkan waktu liburan Fresher sebaik mungkin dan jangan sungkan untuk mengambil jatah cuti yang memang disediakan untuk kamu ya ^^

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme