Tips Menjalin Bisnis Dengan Teman

Menjalin bisnis dengan teman mungkin akan menjadi solusi bagi banyak orang, karena dapat menyatukan modal yang dimiliki sehingga modal untuk memulai bisnis menjadi lebih besar. Namun dalam lain hal banyak juga yang pada akhirnya bisnis menjadi terpecah karena tidak perbedaan visi ataupun pendapat. Berikut beberapa tips bagi Anda yang ingin menjalin kerjasama dengan teman dalam memulai bisnis :

1.Visi dan misi yang sama
Sangat penting untuk menyamakan visi dan misi ketika awal membangun bisnis dengan teman Anda. Jika dari awal Anda dan teman Anda tidak memiliki visi dan misi yang sejalan, bisnis Anda akan sangat riskan untuk terpecah dalam perjalanannya.
2. Tetap profesional
Meskipun Anda bersahabat dekat dengan teman Anda, sedapat mungkin dalam bisnis Anda tetap bersikap profesional. Jika terdapat kesalahan dilakukan teman Anda, jangan ragu untuk memberikan teguran
3. Hargai perbedaan pendapat
Dalam menjalin hubungan bisnis dengan orang lain pastinya akan terdapat perbedaan pendapat dalam beberapa hal. Namun hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Perbedaan pendapat ada kalanya akan membawa dampak positif dan kreativitas pada bisnis Anda. Lebih baik jika Anda dan teman memiliki pemikiran yang beragam namun tidak melenceng dari tujuan awal bisnis.
4.Bersikap terbuka dalam pembagian keuntungan
Uang menjadi salah satu hal yang dapat menimbulkan potensi perselisihan dalam bisnis. Oleh karenanya bersikap terbuka dapat menjadi salah satu upaya antisipasi. Buat laporan keuangan yang terperinci dan transparan.
5.Jangan takut dengan kritik
Kritik ataupun saran justru sangat diperlukan untuk memajukan bisnis Anda. Jangan pernah tersinggung ataupun marah jika teman Anda memberikan masukan. Selalu bersikap positif dan ambil nilai-nilai yang baik terhadap setiap kritikan yang masuk.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme