Tips Cegah dan Usir Lalat

Di musim hujan ini Anda harus waspada akan berbagai penyakit dan juga penyebab penyebaran penyakit. Salah satu faktor penyebab penyebaran penyakit dimusim hujan ini adalah populasi serangga yang meningkat. Dari sekian banyak serangga, lalat merupakan salah satu serangga yang mengganggu dan sebagai salah satu serangga penyebar penyakit. Kami akan menjabarkan Tips Cegah dan Usir Lalat

Lalat adalah media berbagai kuman penyakit dikarenakan memakan lalat seperti bangkai, kotoran manusia dan hewan, sampah dan sebagainya. Perkembangbiakan lalat sangat cepat apabila dibanding pada musim kemarau, hal ini dipicu oleh sampah yang membusuk serta bau yang tak sedap akibat tergenang air hujan.Sampah yang membusuk disekililing rumah kita menjadi pemicu banyak lalat hinggap dirumah kita.

Nah, untuk Anda yang gemas melihat lalat yang beterbangan kian kemari, dikutip dari sidomi.com, berikut Mr.Fresh rangkumkan beberapa tips mudah untuk menghindari dan mengusir lalat nakal.

1. Buatlah Kantung berisi air
Isilah sebuah kantung plastik bening dengan air, lalu ikat erat agar dapat digantung. Letakkan di dekat lampu atau sumber cahaya terang. Cara seperti ini sepertinya memang sudah dikenali masyarakat luas, terlebih akan banyak Fresher temui di rumah-rumah makan. Fungsinya adalah agar air di kantung dapat membiaskan sinar cahaya lampu. Lalat akan bingung dengan pembiasan cahaya tersebut, dan mencari tempat yang tak terbias cahaya.

2. Gunakan Jeruk dan cengkeh
Ambil sebutir lemon, potong lalu tancapkan beberapa butir cengkeh di atas permukaan yang terpotong. Lalat dan nyamuk tidak menyukai aroma cengkeh dan lemon sehingga diharapkan mereka akan terbang menghindar.

3. Kemangi
Bau kemangi juga tidak disukai lalat oleh karena itu Anda bisa menempatkan beberapa pot rumpun kemangi di sudut-sudut rumah. Tanaman tersebut akan membuat lalat tak betah di sekitarnya.

4. Daun pandan atau bunga lavender
Salah satu tanaman wangi lain yang lalat tidak suka adalah daun pandan atau bunga lavender. Daun pandan atau bunga lavender yang diiris kecil kita sukai tetapi hmm..lalat sungguh tidak suka.

5. Lilin
Menyalakan beberapa buah lilin juga dipercaya dapat mengusir lalat, karena hawa panasnya tak disukai oleh lalat yang dapat terbakar.

6. Lem lalat
Salah satu cara ampuh lain membasmi lalat dengan menggunakan lem lalat. Letakkan kertas lem tersebut di tempat mana lalat sering hinggap, dan tunggu hingga mereka menempel. Ini praktis sekali sebab lalat yang sudah menempel tak akan bisa lolos lagi.

7. Perhatikan penyimpanan makanan
Jangan biarkan makanan tercecer di rumah Anda. Simpan rapat makanan yang masih ingin anda konsumsi lagi. Segera buang di tempat sampah sisa makanan yang ada. Jangan biarkan sampah menumpuk atau basah terkena hujan karena baunya akan mengundang lalat dan hewan pengganggu lainnya.

8. Lindungi ventilasi
Bintang kecil biasanya juga dapat masuk melalui celah ventilasi rumah Anda. Jika Anda lebih suka banyak ventilasi di rumah, sebaiknya Anda menambahkan jaring-jaring dengan diameter yang sangat kecil untuk mengantisipasi binatang tersebut merayap masuk ke dalam rumah. Dengan menggunakan jaring-jaring ini Anda tetap bisa menghirup udara segar dari luar tanpa takut lalat ataupun serangga akan masuk ke rumah Anda.

9. Jaga kebersihan
Usahakan untuk merapikan atau membersihkan halaman Anda setiap minggu. Terutama saat musim hujan kan banyak sekali tempat-tempat pada halaman Anda yang tergenang air. Jangan biarkan kotoran menumpuk segera bersihkan dan tempatkan ditempat sampah tertutup.

Perhatikan kebersihan adalah salah satu poin paling utama Fresher. Ingat! Lalat adalah salah satu penyebar penyakit yang sangat serius. Setiap lalat hinggap di sebuah tempat, sekitar 125.000 kuman akan jatuh atau menempel di tempat itu!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme