alasan batik mendunia

Alasan Dibalik Mendunianya Batik, Batik memang seperti terlahir sebagai juara. Latar belakang sejarah dan kandungan filosofinya mampu menghantarkan batik menjadi warisan kemanusiaan dalam bentuk budaya lisan dan non-bendawi (Masterpece of The Oral and Intangible Heritage Humanity). Berikut ini beberapa ulikan tentang motif batik yang mampu memikat mata dunia.

1. Kental Dengan Unsur Tradisional

Batik yang kental dengan aura tradisional diantaranya adalah batik sogan. Mengusung dominasi warna gelap seperti hitam dan coklat menambah kemagisan nuansa Jawa. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi seluruh warga dunia dalam mencintai batik.

2. Representasi Kekayaan Alam Indonesia

Kekhasannya terletak pada kekayaan alam yang diunggulkannya. Umumnya, batik asal Pekalongan ini bermotif hewan atau tumbuhan. Motif-motif pada batik tujuh rupa diambil dari berbagai campuran kebudayaan lokal dan etnis cina. Hal tersebut dikarenakan pekalongan dulunya merupakan tempat transit para pedagang dari banyak negara, sehingga akulturasi budaya itulah yang membuat batik pekalongan sangat khas.

3. Hirarki

Motif batik pada zaman dahulu tidak dapat sembarangan dipakai. Ada motif-motif tertentu yang hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu seperti motif batik parang yang hanya boleh dipakai oleh Raja. Sejarah ini mewarnai kekayaan budaya Indonesia.
Seluk beluk batik yang menarik berhasil menjadikannya juara hingga berprestasi di kancah dunia.

 

 

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme