Bahaya Begadang

Tidak sedikit orang yang mengalami permasalahan dengan tidur malam. Dimana mereka tidak dapat beristirahat di malam hari seperti normalnya orang lain. Yang dimaksud dengan tidur normal adalah beristirahat 7-8 jam perhari, dimulai dar jam 10 malam. Banyak dari kita yang justru baru dapat tidur ketika sudah menjelang pagi.

Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal antara lain, lembur pekerjaan kantor, kerja shift malam, insomnia, makan terlalu banyak, terlalu asyik bergaul keluar ataupun asyik bermain games dan gadget.

Untuk Fresher yang seringkali begadang perlu diingat bahwa begadang yang telah dijadikan kebiasaan sangat berbahaya bagi tubuh baik bagi kesehatan organ maupun psikis kita. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai bahaya dari begadang.

1. Susah konsentrasi
Tidur yang kurang dari enam jam akan membuat anda cenderung pusing, lelah, lemas, lesu, dan tidak bergairah ketika bangun. Kurang tidur juga menyebabkan anda menjadi pelupa karena tingkat konsentrasi anda menurun. Pada tahun 2009 diadakan penelitian di Amerika dan Perancis. Hasilnya adalah “sharp wave ripples” atau faktor penentu otak dalam memproses kemampuan mengingat seringkali terjadi pada saat tidur atau beristirahat. Proses tersebut berguna untuk membantu mengingat memori jangka panjang dengan cara mengirim informasi dari hipokampus ke neokorteks yang terdapat dalam otak.

2. Pola makan menjadi berantakan
Untuk menerapkan pola hidup sehat, salah satu syaratnya adalah menjaga pola makan yang teratur dan bergizi. Akan tetapi hal tersebut tidak akan berjalan ketika anda sering begadang dan bangun di siang hari. Itu artinya anda melewatkan waktu makan pagi. Dengan begadang, pola makan anda akan menjadi berantakan.

3. Munculnya lingkaran hitam dibawah mata
Ciri fisik yang sering terlihat jika anda sering begadang adalah munculnya lingkaran hitam dibawah anda. Muka terlihat pucat, lesu, sayu. Tidak jarang pula muncul kantung mata. Hal tersebut berdampak bagi diri sendiri maupun lingkungan. Untuk lingkungan disekitar kita akan melihat bahwasanya kita tidak bersemangat dan terlihat lesu.

4. Mudah emosi
kurang tidur akan menyebabkan anda susah mengontrol emosi, cenderung meledak ledak ketika marah. Hal ini disebabkan tubuh anda tidak mengahsilkan hormon-hormon. Hormon-hormon tsb diproduksi ketika anda tidur/beristirahat. Mudak marah adalah implikasi dari depresi yang anda alami akibat tidur kurang dari enam jam perhari.

5. Resiko terkena penyakit jantung lebih tinggi
Serangan jantung juga dapat disebabkan oleh angin malam. Seseorang yang lebih sering begadang akan cenderung lebih banyak terkena angin malam. Sejatinya angin malam itu kurang baik untuk kesehatan .

Sepertinya benar apa yang dinyanyikan Rhoma Irama “Begadang boleh saja asal ada gunanya”. Yuk perhatikan kepentingan dan kebutuhan Fresher jika begadang. Jangan sampai dijadikan kebiasaan ya.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme