Bandara Internasional Gibraltar

Tahukah Fresher?

Bandara Internasional Gibraltar adalah salah satu bandara yang berbahaya karena bandara tersebut dilintasi oleh jalan raya yaitu Jalan Winston Churchill. Jalan ini dibangun untuk menghubungkan Gibraltar untuk menuju Spanyol. Keadaan ini tidak lain terjadi karena campur tangan sejarah dan perkembangan ekonomi.

Gibraltar adalah sebuah wilayah kecil milik negara Inggris yang berbatasan dengan negara Spanyol. Gibraltar tepatnya adalah sebuah semenanjung kecil dengan luas hanya 6,8 kilometer persegi terletak di sebelah selatan Spanyol. Gibraltar menjadi milik Inggris sejak abad ke-18 dan menjadi wilayah strategis Inggris sejak perang dunia ke 2. Inggris membangun bandara tersebut pada tahun 1939 untuk pesawat militernya. Lokasi pemilihan bandara berdekatan dengan perbatasan negara Spanyol karena wilayah itu semata-mata adalah wilayah yang paling datar untuk bisa dibangun bandara.

Baca Juga :  Tips Check In Bandara Agar Tak Ketinggalan Pesawat

Lambat laun, Gilbraltar berkembang menjadi sebuah kota yang besar. Untuk memenuhi kebutuhan warga kotanya, pemerintah setempat membangun jalan raya menuju Spanyol dimana jalan tersebut mau tidak mau harus memotong bandara Gilbraltar.

Program Most Extreme Airports dari History Channel menempatkannya sebagai bandar udara paling berbahaya di dunia di tempat kelima dan paling berbahaya di Eropa.

*Diolah dari berbagai sumber

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme