membantu anak mengerjakan pr

Membantu anak mengerjakan PR sekolah bukan berarti mengharuskan Fresher duduk berjam-jam mengawasinya. Cukup 15 menit sehari atau bisa lebih. Fresher bisa mengawasinya, sesekali membantunya menyelesaikan soal yang sulit, atau memberitahunya untuk berhenti sejenak jika ia mulai terlihat merasa lelah.

Salah satu tips keluarga harmonis adalah menghabiskan waktu bersama sebisa mungkin. Nah, membantu anak mengerjakan PR sekolah juga bisa menjadi kegiatan positif yang bisa Fresher lakukan untuk mendekatkan diri dengan anak.

Berikut adalah tips dari Mr.Fresh yang bisa Fresher terapkan saat membantu anak menyelesaikan pekerjaan rumah mereka:

1.  Matikan televisi, komputer, dan apapun yang bisa mengganggu konsentrasi anak

2.  Sediakan tempat yang nyaman untuk anak mengerjakan tugas sekolahnya
Tak perlu selalu mengerjakannya di dalam kamar atau di meja belajar, bisa juga dilakukan di halaman atau tempat lain yang membuatnya nyaman. Jangan lupa, sediakan alat tulis dan pendukung belajar lainnya dengan lengkap.

3.  Tetapkan waktu belajar yang regular 
Meski tidak ada pekerjaan rumah dari sekolah, biasakan anak untuk selalu belajar di waktu yang telah disepakati, apakah sore atau malam hari.

4.  Bantu anak membagi waktu
Terutama jika ada banyak tugas sekolah yang harus diselesaikan dalam satu waktu. Ajari ia untuk mengambil waktu jeda, misalnya 15 menit untuk merefresh badan dan juga otaknya.

5.  Biarkan anak mengerjakan tugasnya sendiri
Tugas Fresher hanyalah memberi arahan dan saran, bukan mengerjakan tugasnya. Biarkan anak belajar untuk menyelesaikan masalahnya dan membuat kesalahan agar mereka bisa belajar.

Mulai sekarang, mari sisihkan waktu sejenak untuk sekadar menyemangati dan menemani anak mengerjakan PR sekolah. Selain membuat anak merasa diperhatikan, kegiatan ini juga bisa mendekatkan Fresher dengan anak. Jangan lupa, berikan pujian untuk setiap prestasi yang ia capai.^^

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme