Apa saja keuntungan usaha laundry ? Memilih Usaha yang instan dan cepat balik modal merupakan trend perkembangan bisnis masa kini, dengan cepatnya balik maka pertumbuhan usaha tersebut juga akan semakin melambung tinggi. Salah satu usaha yang praktis serta mempunyai profit tinggi ialah usaha laundry / franchise laundry. usaha ini terbilang menjamur namun masih memiliki omset yang sangat tinggi karena permintaan cuci baju akan terus ada setiap hari.

Waktu merupakan unsur yang berharga dari berbagai kalangan masyarakat. dengan alasan sibuk dan tidak adanya waktu yang lebih, maka sebagian dari meraka lebih memilih untuk mencuci menggunakan jasa laundry. mencari pembantu ataupun tukang cuci juga merupakan alternatif bagi keluarga yang mempunyai kesibukan luar biasa

Sebagai seorang pengusaha yang pandai melihat peluang usaha ini, mereka mendirikan sebuah jasa pencucian yang biasa disebut laundry. Gerai-gerai laundry kini banyak tumbuh bak jamur di musim penghujan.
Usaha laundry banyak dijumpai di kota-kota besar, dengan tingkat kesibukan masyarakat yang tinggi. Akan tetapi kini laundry juga sudah merebak sampai kota-kota kecil. Mungkin laundry sudah menjadi tren seiring menggeliatnya kesibukan ekonomi di negara ini. Orang-orang menjadi cenderung lebih sibuk, dan memilih jalur instan dan praktis.
Jika Anda ingin mempunyai sebuah usaha, kenapa tidak mencoba Franchise Laundry ? Mungkin pekerjaan ini terkesahan rendahan karena mirip dengan seorang pembantu. Namun, Anda janganlah melihat sesuatu dari luarnya saja. Karena dari bisnis yang terkesan rendahan ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar  dan tidak membutuhkan modal yang banyak.
Keuntungan Laundry
Untuk melihat sebuah keuntungan dari luarnya, kita bisa melakukannya dengan cara membandingkan antara biaya yang mesti dikeluarkan untuk membayar pembantu dan mencuci di laundry. Untuk membayar seorang pembantu mencuci pakaian kita harus mengeluarkan Rp. 300 sampai Rp. 350 ribu per bulan, dan itu belum termasuk biaya sabun, air dan mungkin listrik.
Dalam sebuah keluarga, jumlah pakaian kotor selama sebulan adalah sekitar 40 kg. Biaya laundry kiloan biasanya sekitar Rp. 5.000,00. Bahkan di Yogyakarta atau kota-kota kecil lainnya hanya sekitar Rp. 2.500,00 hingga Rp. 3.000,00. Jadi mungkin Anda hanya mengeluarkan rata-rata Rp. 200.000,00 perbulan untuk mencuci di laundry. Lebih hemat dan murah bukan?
Dibawah ini Bisnishack.com menyampaiakan beberapa tips dan keuntungan dalam mengelola usaha laundry.
a) Laundry adalah Usaha yang Menguntungkan
Usaha pencucian atau laundry bisa diartikan sebagai tindak lanjut dari kehidupan malas mencuci bagi masyarakat saat ini. Masyarakat yang bekerja atau mahasiswa rata-rata memiliki kesibukan yang menyita waktu mereka. Sehingga mereka tidak sempat untuk mencuci baju karena bisa membuang waktu mereka.
Dengan makin banyaknya orang yang malas untuk mencuci dan membutuhkan jasa mencuci, membuka usaha laundry jelas menguntungkan. Usaha laundry bisa berkembang dengan pesat hanya sekitar 9 bulan sampai 1 tahun. Karena jika usaha laundry itu dikelola dengan baik, maka modal kan kembali dengan cepat. Anda juga bisa membuka cabang ditempat lain.
b) Investasi yang Tidak Mahal
Usaha laundry tidak membutuhkan investasi yang mahal. Modal yang dikeluarkan juga tidak relatif banyak. Terlebih lagi jika kita sudah mempunyai tempat atas nama diri sendiri. Kita hanya membutuhkan mesin cuci, mesin pengering, setrika, meja untuk setrika, dan media iklan. Untuk mesin pengering jika masih terbatas modal, bisa Anda ganti dengan sinar matahari. Tentunya ini dilakukan saat musim kemarau, karena panasnya memang diatas rata-rata. Dengan investasi yang tidak membutuhkan banyak uang tersebut, dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal jika dikelola dengan baik.
c) Pengoprasian yang Mudah
Usaha laundry merupakan usaha yang mudah dilakukan. Tidak membutuhkan teknik-teknik yang sulit untuk menjalankannya, karena rata-rata orang pasti dapat mencuci. Perbedaannya terdapat dirasa malas atau tidak, dan kepandaian dalam memanfaatkan peluang. Menggunakan mesin cuci sebagai alat pencuci mestinya bukan hal yang sulit. Jika belum terlalu lihai dalam menggunakannya, Anda bisa membaca buku petunjuk atau belajar terlebih dahulu dengan orang yang sudah berpengalaman.
Kegiatan mencuci, menyetrika, dan melipat pakaian adalah kegiatan yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Seorang wanita tentunya tidak asing dengan kegiatan ini. Kini mulailah manfaatkan peluang yang ada, dan wujudkan mimpi Anda menjadi pengusaha yang sukses. Hal yang paling dibutuhkan adalah bagaimana mempromosikan bisnis laundry yang sedang Anda jalankan.
d) Biaya Operasional Murah
Laundry tidak membutuhkan biaya operasional yang mahal. Anda hanya membutuhkan uang untuk membeli detergen, pewangi, biaya listrik, dan gaji pegawai jika mempunyai karyawan. Anda tidak harus menyewa sebuah tempat khusus atau harus memiliki ruangan yang besar, karena usaha laundry tidak membutuhkan tempat untuk mesin yang besar-besar. Untuk biaya air, Anda bisa menghilangkannya jika dirumah sudah mempunyai sumur sendiri. Hal ini tentunya akan menambah keuntungan Anda.
e) Kebutuhan yang Banyak dan Terus Meningkat
Kesibukan seseorang saat ini semakin hari semakin meningkat, seiring meningkatnya persaingan dalam bidang apapun. Keadaan yang seperti ini mengharuskan seseorang untuk bekerja lebih keras dan tidak membuang-buang waktu. Mencuci dan menyetrika akan dianggap sebagai kegiatan yang membuang-buang waktu bagi sebagian orang yang sibuk. Tentunya hal ini menjadi peluang besar bagi Anda.
Laundry pakaian selalu menjadi kebutuhan bagi setiap orang, karena mereka selalu memakai baju setiap hari. Sedikitnya setiap orang memiliki baju kotor 2 sampai  pasang per hari. Jika dikumpulkan dalam seminggu tentunya akan menumpuk. Melihat tumpukan seperti ini, bagi kebanyakan orang menjadikan mereka malas untuk mencuci. Mereka akan memilih melaundry baju karena itu hal yang praktis. Dengan semakin banyaknya orang yang melakukan hal ini, maka kebutuhan akan laundry semakin hari semakin meningkat.
f) Putaran Uang Harian
Dalam usaha laundry berbeda dengan usaha penyewaan mobil, kontraktor, dan EO. Perputaran uang dalam usaha ini tidaklah perlu menunggu terlalu lama, karena setiap hari banyak orang membutuhkannya. Pembayarannya juga bisa dilakukan langsung pada saat memasukkan cucian atau mengambil cucian. Rata-rata cucian akan kering dan siap untuk diambil dalam waktu 2 hari, bahkan ada juga hanya dalam waktu 1 hari semuanya akan beres. Tentunya ini sebuah usaha yang menggiurkan bukan?
g) Keuntungan Besar
Karena perputaran uang dalam usaha laundry bersifat harian, maka sangat mungkin jika keuntungan yang dihasilkan sangatlah besar. Perhitungannya bisa kita misalkan jika modal pertama membangun usaha laundry adalah sekitar 10 juta dengan 2 mesin cuci dan berbagai peralatannya. Jika Anda bisa mempunyai minimal 25 pelanggan dengan ongkos cuci per kilogram Rp. 5.000,00, Anda sudah mempunyai omset perbulan rata-rata Rp. 5 juta. Keuntungan bersihnya mungkin sekitar 50 % setelah dikurangi biaya detergen, listrik, atau jika ada karyawan Anda.
h) Tidak Ada Waktu Kadaluwarsa
Dunia usaha khususnya bidang jasa tidak akan ada kata kadaluwarsa. Berbeda dengan usaha dalam bidang makanan atau kuliner. Setiap makanan pasti terbatas waktu. Salah satu usaha yang tidak kadaluwarsa adalah laundry, karena orang menghasilkan pakaian kotor setiap hari, dan harus selalu dicuci. Maka orang akan selalu membutuhkan jasa pencucian, jika seseorang tersebut mempunyai kesibukan yang padat.
Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme