Bagaimana tips menghilangkan noda pada mukena ? Mukena bagi seorang muslimah merupakan perlengkapan wajib yang harus dikenakan ketika hendak melaksanakan solat. Namun tak jarang mukena yang kita miliki terdapat noda bintik hitam atau bintik kuning karena terkena jamur. Hal ini sangat mengganggu sekali kan Fresher. Solatpun menjadi tidak khusyuk. Nah kali ini Mr. Fresh mau berbagi tips nih gimana caranya menghilangkan noda pada mukena, diantaranya:

1. Gunakan pemutih
Siapkan sebatang lidi lalu celupkan lidi tersebut pada cairan putih. Kemudian oleskan pada bagian mukena yang terkena noda tersebut. Diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas. Kemudian cuci dengan deterjen lalu bilas dengan air bersih.

2. Gunakan asam sitrun
Campurkan deterjen dengan air panas dan beri asam sitrun secukupnya. Kemudian masukkan mukena pada campuran asam sitrun dan deterjen tersebut. Rendam beberapa saat. Kemudian mucek bagian yang terkena noda, lalu bilas dengan air bersih.

3. Gunakan jeruk nipis
Iris jeruk nipis lalu oleskan pada mukena yang terkena noda. Tunggu kurang lebih 30 menit lalu bilas kemudian cuci dengan menggunakan deterjen. Bilas kembali dengan air bersih.

4. Gunakan mengkudu
Kupas terlebih dulu buah mengkudu, kemudian ambil airnya saja. Tuang air mengkudu kedalam air bersih kurang lebih 1 liter. Kemudian rendam mukena tersebut pada air rendaman tadi semalaman. Lalu cuci dengan deterjen dan bisa dengan air bersih

5. Gunakan belimbing wuluh
Gosokkan belimbing wuluh pada bagian mukena yang terkena noda, kemudian diamkan semalaman. Lalu cuci mukena dengen deterjen dan bilas dengan air bersih.

6. Jemur di bawah terik matahari/ suhu panas
Setelah dicuci bersih, mukena sebaiknya dijemur dibawah terik matahari. Gantung mukena menggunakan hanger. Hal ini bertujuan agar seluruh air yang masih menyisa dapat segera menguap. (Diolah dari berbagai sumber).
.
Untuk perawatannya sendiri, mukena setelah dipakai sebaiknya tidak dilipat namun digantung dengan menggunakan hanger, agar jamur tidak menempel pada mukena. Dan lakukan pencucian minimalnya sebulan sekali secara berkala. Semoga tips dari Mr. Fresh bermanfaat untuk Fresher semuanya yaaa..
.
.
Simply Fresh. JUARANYA LAUNDRY KILOAN ????

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme