Apakah Fresher cepat mengantuk setiap kali mencoba untuk belajar? Jangan dibiarkan! Apalagi jika ada tugas atau ujian yang menanti. Seperti dikutip dari akuinginsukses.com, kamu bisa melawan rasa kantuk dan rasa lelah saat anda belajar. Yuk ikuti beberapa tips sederhana berikut:

Minum lebih banyak air
Tindakan pertama ini sangat mudah untuk dilakukan, tetapi banyak orang yang tidak mengetahuinya, yaitu minum lebih banyak air! Minum air sepanjang hari akan mengatur suhu tubuh dan membantu metabolisme. Pastikan untuk tetap terhidrasi, karena dehidrasi dapat membuat anda lelah. Pada malam hari, ketika belajar, letakkan gelas atau botol air di dekat Fresher dan minumlah air secara teratur.
Bahkan, air minum lebih baik dibanding minuman berkafein ketika belajar. Tentu saja, kafein akan membuat terjaga dan memberi anda kesegaran segera, namun kasiatnya akan luntur juga dengan cepat, dan benar-benar membuat kamu lebih lelah dibanding sebelumnya. Minuman berkafein akan mengeringkan tubuh mu juga, dan sekali lagi, Fresher akan segera kembali di mana anda mulai yakni lelah dan lesu.

Makan sarapan yang baik
Selanjutnya, pastikan bahwa Fresher melakukan sarapan! Meskipun kamu mungkin tidak berpikir bahwa sarapan akan memiliki efek pada kondisi di malam hari, namun sebetulnya iya.
Mendapatkan sarapan dengan nutrisi penting dan ekstra akan membantu fungsi tubuh bekerja dengan benar sepanjang hari. Berikutnya, ketika Fresher diharuskan untuk bekerja ekstra di malam hari, tubuh akan siap untuk mendukung kamu. Tubuh telah telah mendapatkan bahan bakar yang baik sehingga mampu berpikir lebih jernih dan tahan lama.

Cukup berolahraga
Pastikan bahwa Fresher melakukan cukup olahraga. Ini adalah bahan bakar yang sangat baik untuk tubuh karena membantu mengatur metabolisme dan bahkan membantu otak, sehingga kamu dapat berpikir lebih baik!
Melakukan olahraga minimal lima kali seminggu adalah kunci, dan pada hari dimana Fresher harus belajar, pastikan kamu berolahraga. Lebih baik lagi, ketika kamu tengah belajar hingga larut malam, dan rasa lelah menghampiri, bangun dari tempat duduk dan lakukan sit jump beberapa kali, berjalan di tempat, atau bahkan sit-up. Sekecil apapun olahraga yang dilakukan akan membawa manfaat bagi otak dan tubuh.

Mendapatkan cukup tidur
Walaupun mungkin terdengar aneh untuk meresepkan tidur ketika mengantuk, namun mendapatkan cukup tidur hari-hari sebelum sesi belajar akan benar-benar dapat membantu. Meskipun tubuh bukanlah ‘bank’ tidur, namun mendapat jumlah jam tidur yang tepat pada malam-malam sebelumnya benar-benar dapat memerangi kelelahan ketika belajar hingga larut malam.
Jadi kapanpun Fresher tahu bahwa kamu akan belajar dengan sangat keras, pastikan untuk mendapat cukup istirahat pada malam-malam sebelumnya.

Mendengarkan musik
Mendengarkan musik juga dapat memiliki efek positif pada suasana hati dan dapat membuat tetap terjaga. Tidak berarti harus jenis musik yang keras, seperti rock. Cukup putar lagu-lagu yang Fresher nikmati, dan perhatikan gelombang otak kamu bergembira di atas!
Sebagai bonus tambahan, jika Fresher tengah belajar untuk ujian, dan guru pengawas memungkinkan untuk memakai earphone saat anda mengikuti tes, dengarkanlah musik yang sama. Penelitian telah menunjukkan bahwa jika anda mendengarkan musik tertentu ketika belajar, dan kemudian mendengarkan lagu-lagu yang sama lagi saat mengikuti tes, Fresher akan memiliki daya ingat yang lebih baik.

Coba Lakukan Yoga
Ketika Fresher belajar, setiap kali mulai merasa lelah, atau bahkan stres, luangkan waktu sebentar untuk berlatih yoga, atau yoga pernapasan yang relatif lebih mudah. Berkonsentrasi pada napas dapat membantu membawa lebih banyak oksigen ke otak, yang akan membuat tubuh tetap bugar. Yoga juga dapat membantu membersihkan pikiran dan belajar lebih baik.

Gunakan shower
Jika Fresher sedang belajar di rumah sendiri, luangkan waktu untuk pergi ke kamar mandi. Tidak ada yang lebih menyegarkan dibanding berada di bawah pancuran shower, dan jika tubuh bisa menahan, coba gunakan air dingin.
Hal ini benar-benar akan membuka dan menyegarkan mata. Fresher akan menemukan bahwa setelah kembali pada buku maka pikiranmu terbuka kembali dan tetap terjaga.

Makan makanan yang tepat
Makan yang benar ketika belajar adalah kunci. Semua orang menyukai makanan ringan, namun perlu menjadi perhatian karena camilan yang dimakan dapat membantu atau justru merugikan saat kamu belajar. Makan makanan yang sehat, yang mengandung omega dan serat, dapat benar-benar membangunkan otak dan membantu berkonsentrasi lebih baik.
Junk food yang mengandung gula atau karbohidrat sederhana, seperti roti, benar-benar dapat membuat mengantuk. Jadi, perhatikan apa yang dimakan ketika belajar atau Fresher bisa terkantuk-kantuk dalam waktu singkat.

Bagaimana tips di atas Fresher? Saat kamu butuh konsentrasi tinggi untuk belajar maka tidak ada salahnya dicoba kan?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme