Fresher yang berkerudung tentu harus merawat ragam jilbab milik mu agar rapi dan siap digunakan setiap saat. Tetapi jika masih ada Fresher yang bingung cara untuk merawat serta menyimpan jilbab mungkin tips berikut bisa membantu.

Seperti dikutip dari wolipop.detik.com, berikut cara merawat jilbab supaya tidak cepat rusak dan mudah kusut.

1. Siapkan Hanger
Siapkan hanger khusus untuk menggantung jilbab. Sebelum digantung sebaiknya lipat terlebih dahulu supaya lebih rapi. Ini memudahkan ketika Fresher sedang terburu-buru untuk pergi. Selain itu, hanger membuat jilbab tidak cepat rusak akibat bertumpuk-tumpuk yang mungkin bisa berpengaruh terhadap materialnya.

2. Urutkan Sesuai Warna
Selain hanger, simpan jilbab di dalam lemari sesuai urutan warna dan bahannya. Pisahkan antara jilbab paris dengan material katun tipis dengan pashmina atauscarf panjang yang berbeda bahan. Penyimpanan kerudung sesuai warna akan memudahkan memilih jilbab sebelum berpergian. Letakkan jilbab yang sering dipakai di bagian atas tumpukan tersebut.

Tidak Melipatnya Jadi Kecil
Ketika ingin jilbab tetap rapi, tidak mudah kusut, dan tak cepat rusak sebaiknya hindari melipatnya menjadi lipatan kecil. Beberapa wanita terkadang melipat jilbab hingga membentuk persegi kecil kemudian ditumpuk. Ini akan membuat hijab mudah kusut trutama bila Fresher tidak beraturan saat mengambil jilbab sebelum pergi. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk melipat scarf menjadi dua bagian saja setelah disetrika. Jika perlu, gantung scarf di atas hanger. 

4. Tidak Dicuci Pakai Mesin
Hindari mencuci jilbab pakai mesin yang membuat warnanya akan cepat pudar terutama material kashmir dan katun. Tidak juga mencuci dengan sikat yang keras sehingga berpengaruh terhadap benang serta materialnya. Cukup rendam dan kucak dengan tangan. Kemudian rendam dalam air pewangi, baru setelah itu bilas dan jemur. 

5. Tak Terlalu Banyak Peniti
Ketika menerapkannya, hindari memakai terlalu banyak peniti. Daripada peniti lebih baik pakailah jarum pentul atau yang tidak memiliki bandul di bagian atasnya. Peniti bentuknya lebih besar daripada jarum pentul sehingga seringkali membuat benang pada scarf rusak atau menimbulkan bekas lubang. Hati-hati saat menggunakan peniti bila tak ingin jilbab cepat rusak. 

Tips yang mudah bukan Fresher. Yuk di praktekan untuk membuat penampilan kamu rapi dan tetap cantik.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme