Berjuta Manfaat Tertawa

Berjuta Manfaat Tertawa

Siapa yang tak suka tertawa, siapa yang tak ingin menghabiskan waktu dengan bahagia ? Yap! Tertawa adalah salah satu cara mudah untuk menunjukan seseorang sedang berbahagia. Tertawa juga merupakan jalan untuk menyalurkan kebahagiaan seseorang.

Selain untuk menunjukan perasaan bahagia ternyata tertawa juga membawa banyak manfaat lainnya bagi kesehatan fisik dan mental kita lho Fresher. Ingin tahu Berjuta Manfaat Tertawa ? Simak informasinya berikut ini ya.

1. Menyehatkan Jantung
Saat tertawa, otot diafragma di dalam jantung juga ikut bergerak. Akibatnya adalah otot diafragma jantung yang ikut bergerak akan membuat jantung lebih sehat.

2. Menyehatkan paru-paru
Tertawa terbahak-bahak juga menguatkan diafragma atau otot di bawah paru-paru. Otot ini memompa dan mengisi paru-paru dengan udara. Tertawa terbahak-bahak mempercepat aliran oksigen ke paru-paru.

3. Menyehatkan otak
Tertawa menyehatkan otak karena pada saat aliran oksigen menjadi lebih lancar menuju otak. Dengan pasokan oksigen yang lebih baik maka kesehatan otak menjadi lebih terjaga sehingga bisa membuat memori dan daya ingat seseorang menjadi lebih baik.

4. Membuat awet muda
Selama tertawa, 15 otot di wajah akan berkontraksi sehingga meningkatkan aliran darah ke area tersebut. Hasilnya, wajah terlihat lebih kencang, merona, dan memancarkan cahaya.

5. Mengurangi tingkat stress
Tertawa bisa memperlancar aliran darah ke sekitar mata dan mengaktifkan saluran air mata. Itulah penyebab pada saat tertawa terbahak-bahak kita air mata kita terkadang keluar. Menurut hasil penelitian, disebutkan bahwa keluarnya air mata baik dalam keadaan sedih maupun sukacita mengurangi tingkat stres.

6. Tertawa bisa membuat tubuh fit
Tertawa dapat membuat otot tegang dan melentur bergantian, membuat detak jantung dan tekanan darah lebih aktif saat tertawa dan menurun setelahnya. Hal ini memiliki dampak yang sama saat kita berolahraga. Tertawa juga menggantikan olahraga jalan sejauh dua mil bagi lansia dan orang sakit.

Tertawa memiliki efek yang sama seperti melakukan olahraga dayung. Menurut William Fry meningkatnya denyut jantung dan otot perut yang berkontraksi pada saat tertawa bisa membuat perut menjadi lebih rata sama seperti saat seseorang melakukan olahraga dayung selama 10 menit.

Selain membuat perut rata, tertawa juga bisa membuat seseorang lebih bikin ramping. Pada saat tertawa, denyut jantung naik 10-20 persen dan membakar 1,3 kalori per menit. Tertawa selama 15 menit setiap hari selama satu tahun akan mengurangi kalori hingga dua kilogram.

7. Membakar Kalori
Kalori merupakan sesuatu yang bisa membuat tubuh menjadi gemuk dan tidak sehat. Manfaat yang ajaib dari tertawa adalah ternyata tertawa bisa membakar kalori yang ada di dalam tubuh kita. Tidak tanggung-tanggung, kalori yang dibakar sebanyak 10-40 kalori dalam 15 menitnya.

8. Manfaat bagi kesehatan mental
Dengan tertawa, kita telah menanamkan pikiran positif di dalam diri kita. Hal itu dikarenakan dengan tertawa, kita bisa menghilangkan perasaan marah, kesal dan pikiran negatif di dalam diri kita. Saat kita tertawa, kita juga bisa mengubah perasaan takut menjadi sebuah perasaan ingin menghadapi tantangan.

Itu tadi Berjuta Manfaat Tertawa, semoga bisa memberikan inspirasi bagi Fresher ya bahwa berbahagia itu lebih baik dan pilihan untuk berbahagia itu ada di tangan kita sendiri.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme