7 Tips n Trik Mudah Perawatan Pakaian

7 Tips n Trik Mudah Perawatan Pakaian

Apakah Fresher pernah mengalami koleksi baju anda tidak pernah bertahan lama ? Entah itu warna yang cepat pudar, bahan yang cepat menipis, mengerut, bahkan mungkin cepat bolong dibeberapa tempat ?

Jika iya maka jangan cepat menyalahkan baju yang anda beli ya karena ada kemungkinan Fresher tidak secara baik melakukan perawatan pada saat pencucian, pada saat memakai dan pada saat penyimpanan.

Nah, kali ini Mr.Fresh akan kupas habis 7 Tips n Trik Mudah Perawatan Pakaian yang bisa anda lakukan. Yuk simak informasinya.

1. Ketahui jenis bahan
Hal yang harus diperhatikan pada saat perawatan pakaian adalah mengetahui jenis bahan atau kainnya. Karena berbeda jenis bahan tentu berbeda pula perawatan yang harus diberikan.

2. Washing care label
Perhatikan washing care label atau petunjuk cara perawatan pakaian yang ada. Disana Fresher bisa mengetahui cara mencuci, menyetrika hingga cara pengeringan yang disarankan untuk pakaian anda.

3.Tahap mencuci
Perhatikan apakah pakaian anda bisa dicuci menggunakan air atau tidak karena berarti anda harus membawanya ke laundry langganan untuk meminta pelayanan dry clean. Jika bisa dicuci menggunakan air maka perhatikan apakah air yang digunakan air biasa, air dingin atau air hangat.Pisahkan pakaian putih dan yang berwarna, tingkat kekotorannya, dan jenis bahannya karena beberapa jenis kain tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci. Anda juga harus memperhatikan penggunaan deterjen atau sabun cuci.

4. Tahap menjemur
Pada saat menjemur pakaian biasanya ada beberapa pakaian yang bisa terkena sinar matahari langsung tetapi ada juga yang harus diangin-anginkan saja. SElain bahan kaus akan lebih baik jika anda menjemur pakaian menggunakan hanger karena hanger menjaga mempertahankan bentuk pakaian anda. Jemur juga pakaian dalam keadaan terbalik, bagian dalam yang di luar. Hal ini untuk mencegah warna pakaian menjadi cepat pudar terkena sinar matahari.

5. Tahap menyetrika
Pakaian yang hendak disetrika harus benar-benar dalam kondisi kering, supaya tidak bau apek. Atur suhu setrika sehingga tidak menyebabkan pakaian Anda menjadi rusak.

6. Tahap penyimpanan
Simpanlah pakaian yang sudah rapi dan wangi di dalam lemari pakaian tertutup supaya tidak kena debu dan kotoran. Gunakan pewangi pakaian yang bisa digantung di dalam lemari atau gunakan kamper. Perhatikan juga kapasitas lemari pakaian dengan banyaknya koleksi pakaian anda. Jangan sampai anda memaksakan menyimpan pakaian dengan penuh sesak. Karena itu sama saja akan merusak pakaian anda yang sudah rapi. Gunakan juga hanger untuk menyimpan pakaian-pakaian yang mudah kusut.

7. Cara pemakaian
Ingat untuk selalu mencuci pakaian yang terkena noda pada saat anda gunakan. Jangan biarkan noda menempel terlau lama, jika tidak sempat mencuci setidaknya anda lakukan tindakan awal untuk dapat mengurangi sebagian banyak noda yang menempel. Kemudian jangan terlalu sering menggunakan pakaian yang anda sukai karena jika sering anda gunakan anda harus sering mencucinya padahal proses mencuci bisa menyebabkan bahan pakaian lebih cepat menipis. Karena itu pergunakan pakaian anda secara berganti-ganti.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat ya Fresher, selamat mencoba

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme