Cara Memasarkan Usaha Dengan Efektif

Salah satu hal yang mempengaruhi kesuksesan dalam berbisnis adalah bagaimana Anda mempromosikan bisnis Anda. Banyak sekali strategi promosi yang dapat Anda terapkan dan dengan kreatifitas Anda, Anda akan memperoleh strategi promosi yang paling cocok diterapkan pada bisnis Anda. Berikut beberapa prinsip dasar dalam menentukan strategi promosi untuk bisnis Anda :
1.Mengenali segmentasi pasar
Hal pertama yang penting untuk Anda ketahui adalah mengenali segmentasi pasar yang akan Anda bidik. Dengan mengetahui segmentasi pasar, Anda akan lebih mudah dalam  menentukan strategi harga, cara beriklan dan bahasa iklan yang digunakan
2.Promosi yang efektif dan terukur
Setelah Anda menentukan target pasar yang jelas, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk merencanakan model promosi. Anda dapat menerapkan berbagai strategi yang ada. Selanjutnya rencanakan rentang waktu, anngaran yang dikeluarkan, media yang digunakan dan data-data lain yang diperlukan. Hal ini penting dilakukan sehingga nantinya Anda akan melakukan evaluasi terhadap strategi yang sudah pernah dijalankan. Selain itu, juga akan memudahkan Anda dalam menentukan jenis promosi yang akan dilakukan di masa mendatang.
3.Memberikan reward kepada konsumen
Anda juga dapat melakukan promosi dengan meberikan reward kepada konsumen. Pada dasarnya konsumen senang memperoleh insentif sehingga akan menarik konsumen untuk melakukan transaksi lebih banyak lagi. Insentif yang Anda berlakukan dapat berupa potongan harga, voucher, gimmick souvenir dan sebagainya.
4.Pengembangan produk
Pengembangan produk perlu dilakukan sehingga konsumen tidak jenuh dengan produk yang Anda jual, dan produk Anda juga memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan kompetitor produk sejenis. Oleh karenanya Anda perlu peka terhadap kebutuhan konsumen. Anda dapat melakukan pengembangan produk dengan membuat varian yang berbeda, fitur baru atau jenis produk baru.
5.Memberlakukan kerjasama merchant dengan usaha lain
Kerjasama dengan usaha lain dalam berntuk merchant partner dapat Anda lakukan sebagai salah satu strategi promo. Anda dapat bertukar voucher dengan produk lain. Misal dengan pembelian jumlah tertentu di toko Anda konsumen akan memperoleh voucher senilai tertentu untuk pembelian produk milik partner Anda. Begitu pula sebaliknya. Dengan demikian pelanggan dari produk lain juga akan mengenal produk Anda.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme