Berpuasa terkadang membuat sesorang berkurang fokusnya saat bekerja atau bahkan menjadi lebih sensitif. Padahal puasa adalah justru bulan untuk kita melatih diri bersabar dan menahan amarah. Seperti dikutip dari health.detik.com, Time Healthland melansir cara untuk menghindari gangguan dan tetap produktif sepanjang hari.

Ada beberapa hal lho Fresher yang dapat dilakukan agar tetap dapat berkonsentrasi meski sedang berpuasa, yuk kita cari tahu:

1. Menentukan masalah
Cari tahu apa yang menyebabkan kehilangan fokus. Penyebabnya bisa karena kelelahan, kelaparan atau kecanduan Twitter. Mencari tahu penyebab masalah adalah langkah pertama untuk memperbaiki masalah.

2. Makan sahur yang bernutrisi
Fungsi sahur menyerupai sarapan, yaitu menyediakan nutrisi agar tubuh dapat beraktifitas selama seharian sampai berbuka. Penelitian telah menemukan bahwa makan sarapan dapat meningkatkan rentang perhatian dan konsentrasi. Oleh karena itu, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi saat sahur.

3. Bermeditasi
Para ilmuwan telah menemukan bahwa meditasi dapat meningkatkan fungsi otak yang berkaitan dengan rentang perhatian. Tidak ada salahnya sejenak mencoba meninggalkan tugas agar dapat mengerjakannya lagi untuk jangka waktu yang lebih lama.

4. Bekerja secara offline
Sebuah survei menemukan bahwa hampir 60% gangguan di tempat kerja berasal dari email, jejaring sosial dan ponsel. Jadi untuk tugas-tugas yang tidak perlu menggunakan internet, cobalah pakai cara kuno menggunakan kertas dan pena. Jangan terlalu sering memeriksa email, misalnya 1 jam sekali. Batasi waktu menggunakan situs jejaring sosial.

5. Bagi pekerjaan besar menjadi beberapa tugas yang ringan
Otak bekerja terlalu keras ketika memproses sejumlah informasi yang luar biasa, apalagi ketika berpuasa. Menjalankan satu pekerjaan yang besar dapat banyak membuat pikiran sulit berkonsentrasi. Untuk mengatasinya, pisah proyek menjadi tugas-tugas individu yang lebih ringan sehingga lebih mudah untuk diselesaikan.

6. Batasi waktu bekerja
Batasi waktu yang digunakan untuk mengerjakan tugas, jangan mengharuskan diri untuk menyelesaikannya secara langsung. Dengan cara ini, karyawan akan tahu batasan tubuhnya untuk dapat bekerja keras sehingga dapat menentukan sendiri waktunya beristirahat.

7. Bersihkan dan rapikan meja
File-file dan berkas lama yang tak lagu digunakan, memo, hingga foto keluarga bisa menjadi pengalih perhatian. Membersihkan ruang kerja dan hanya menggunakan laptop atau benda-benda yang penting saat bekerja akan membantu untuk tetap berada di zona fokus.

8. Hadiahi diri sendiri
Memberikan motivasi kecil untuk diri sendiri bisa mengusir kebosanan dan kesumpekan dalam bekerja. Coba katakan pada diri sendiri bahwa setelah menyelesaikan tugas tertentu, maka nanti akan menghadiahi diri sendiri dengan berbuka menggunakan makanan kesukaan.

9. Lakukan istirahat sejenak
Datang ke kantor lebih awal, bekerja ketika jam makan siang dan tidak pernah terlambat bukan berarti akan lebih produktif. Bekerja keras dalam keadaan puasa kemudian diikuti disertai beristirahat sejenak akan lebih bermanfaat daripada bekerja keras terus menerus tanpa beristirahat.

10. Dengar musik
Mendengar musik lewat headphone dapat menenangkan pikiran sekaligus terhindar dari gangguan seperti suara bising atau percakapan teman sekantor yang berisik. Selain itu, headphone akan membuat teman sekantor yang berniat memecah perhatian akan mengurungkan niatnya serta mengurangi rasa lapar atau haus yang muncul.

Tidak ada salahnya yuk kita coba tips di atas. Siapa tahu bisa bermanfaat membuat kita fokus bekerja plus meningkatkan produktivitas.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme