Bisnis waralaba atau franchise memudahkan pebisnis pemula untuk memulai bisnisnya. Banyaknya kemudahan dan potensi keuntungan yang cukup besar membuat banyak orang memilih bisnis dengan konsep franchise, sehingga usaha waralaba sangat cocok bagi pebisnis pemula. Saat ini terdapat berbagai alternatif bidang usaha yang menawarkan kerjasama bisnis dalam bentuk franchise, sehingga sebelum kita memulai bisnis franchise, kita perlu mempelajari dan mengenali terlebih dahulu berbagai pilihan waralaba yang tersedia. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kita bergabung dalam suatu bisnis franchise, di antaranya :

1. Tentukan minat sebelum memulai bisnis franchise

Sebelum memilih suatu bisnis yang akan kita tekuni, lihat terlebih dahulu bidang apa yang menjadi minat kita. Hal ini sangat penting, karena walaupun sebuah  bisnis menjanjikan keuntungan yang besar namun jika tidak sesuai dengan minat kita maka kemungkinan besar bisnis tersebut tidak akan berjalan dengan maksimal. Dengan adanya banyak alternatif bidang usaha franchise maka kita perlu benar-benar mempertimbangkan ke arah mana minat usaha kita.

2. Kenali lebih mendalam mengenai sistem dan program dari bisnis yang ditawarkan

Membeli franchise berarti membeli sistem, tidak sekedar membeli peralatan. Sistem disini mencakup manajemen produksi, keuangan, pemasaran, alur pasokan dan logistik serta program-program yang menunjang berjalannya bisnis franchise tersebut. Bisnis franchise yang baik pasti memberikan program pelatihan pada calon mitra mereka. Program pelatihan ini sangat penting karena ini adalah bekal bagi si pembeli waralaba agar dapat menjalankan bisnisnya dengan baik dan mandiri dalam mengelola waralaba tersebut. Selain itu, franchisor yang baik memberikan solusi atas masalah yang dihadapi oleh mitra mereka.

3. Pilih brand waralaba yang sudah dikenal masyarakat

Dengan memilih waralaba yang sudah dikenal oleh masyarakat maka akan memudahkan berjalannya bisnis yang akan kita tekuni karena sudah memiliki pangsa pasar dan konsumen yang jelas. Selain itu, kita perlu memperhatikan kondisi dari cabang yang telah ada. Dari situlah kita dapat menilai seberapa suksesnya franchise yang akan kita pilih. Dengan memilih franchise yang telah memiliki track record yang baik, maka dapat menjadi salah satu kunci kesuksesan dari bisnis yang akan kita tekuni.

Salah satu contoh alternatif franchise di Indonesia adalah Simply Fresh Laundry, yang bergerak di bidang laundry kiloan. Dengan brand yang telah dikenal secara nasional dan memiliki lebih dari 250 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia serta segala keunggulan  yang dimiliki oleh sistem franchise Simply Fresh Laundry menjadikan Simply Fresh Laundry bisnis yang sangat cocok bagi pebisnis pemula.

Oleh : Chindy Grafidia

Sumber : Dokter Bisnis, Ciputra Entrepreneur, Bisnis UKM

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme