mencuci gamis batik

Pernahkah terbesit di pikiran Fresher, jika mencuci gamis ternyata memerlukan treatment yang lebih daripada pakaian lainnya? Ditambah lagi gamis yang Fresher miliki memiliki motif atau corak khusus. Salah satu contohnya adalah batik. Wah, perlu kehati – hatian khusus untuk mencuci pakaian jenis ini. Berikut Mr. Fresh akan memberikan tips mencuci gamis batik untuk Fresher dimanapun berada.

1. Mencuci kain gamis batik dengan menggunakan shampo rambut. Sebelumnya, larutkan dulu shampo hingga tak ada lagi bagian yang mengental. Setelah itu baru gamis batik dicelupkan. Bisa juga menggunakan sabun pencuci khusus untuk gamis batik yang dijual di pasaran. Jangan gunakan detergen ya, Fresher …

Baca Juga : Merawat Sprei Batik

2. Pada saat mencuci gamis batik jangan digosok dan jangan gunakan deterjen. Jika gamis batik Fresher tidak terlalu kotor maka bisa mencucinya dengan air hangat. Tapi jika terkena noda maka bisa mencucinya cukup dengan sabun mandi saja.

3. Setelah kotoran hilang kemudian harus dijemur di tempat yang teduh tetapi tidak perlu memerasnya, biarkan saja kain tersebut mengering secara alami. Pada saat menjemur sebaiknya tarik bagian tepi kain agar serat kain yang terlipat kembali seperti sediakala.

4. Hindari penyetrikaan secara langsung, jika terlalu kusut bisa semprotkan air di atas kain gamis batik lalu lapisi dengan kain lainnya. Hal ini untuk menghindari kain gamis batik terkena panas langsung dari setrikaan.

5. Bila ingin memberi pewangi dan pelembut kain pada batik tulis, jangan disemprotkan langsung pada kainnya. Sebelumnya, tutupi dulu kain dengan koran, lalu semprotkan cairan pewangi dan pelembut kain.

Itulah beberapa tips dari Mr. Fresh untuk Fresher dimanapun berada. Selamat mencoba Fresher 🙂
Jadi, apakah Fresher telah melakukan treatment terbaik untuk gamis batik yang Fresher miliki?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme