tips merawat sprei batik

Tips Merawat Sprei Batik Supaya Awet, Apakah motif Sprei di Rumah Fresher? Jika bermotifkan batik, maka perlu sekali Fresher menyimak ulasan dari Mr. Fresh yang satu ini. Karena kali ini Mr. Fresh akan membagikan tips kepada Fresher dimanapun berada mengenai perawatan sprei batik supaya tetap awet dan corak warnanya tidak pudar.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan:

1. Hindari penggunaan sikat

Saat mencuci sprei batik, hendaknya tidak menggunakan sikat. Cukup bagian yang kotor dikucek dengan pelan agar warna tidak pudar.

Baca Juga : Tips Memilih Batik

2. Hindari penggunaan mesin cuci

Memang jauh lebih mudah mencuci kain sprei dengan mesin cuci. Tidak perlu capek mengucek dan lebih efisien. Akan tetapi, agar sprei batik tetap terlihat baru dan warnanya tidak pudar, hendaknya mencuci secara manual saja.

3. Hindari penggunaan kapur barus

Biasanya kapur barus sering dipasang di almari. Selain menghindari ngengat, baju-baju di almari pun semakin harum. Akan tetapi, kapur barus tidaklah cocok untuk kain Batik. Oleh sebab itu, penggunaan kapur barus sebaiknya dihindari. Gunakan pewangi lain.

Baca Juga : Merawat Tas Batik

4. Jangan gunakan deterjen

Karena deterjan mengundang formula yang berbahan keras dan berpotensi merusak warna asli kain, gunakan shampoo sebagai penggantinya. Kandungan formulanya lebih lembut dan mampu menjaga kehalusan kain. Sabun mandi juga boleh ya, Fresher.

5. Jemur di tempat yang teduh

Agar sprei batik tetap terlihat baru, jemurlah di tempat yang teduh atau cukup diangin-anginkan saja. Jangan dijemur dibawah sinar matahari secara langsung. Itu akan memudarkan corak batik secara berangsur-angsur.

Itulah beberapa tips dari Mr. Fresh untuk Fresher dimanapun berada. Selamat mencoba Fresher 🙂

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme