Cara Mencuci Tangan yang Bersih dan Benar

Cara Mencuci Tangan yang Bersih dan Benar

Cara Mencuci Tangan yang Bersih dan Benar

Cara mencuci tangan yang bersih dan benar. Hal ini pasti sudah diajarkan kepada Fresher sejak masih kecil, yaitu kebiasaan untuk mencuci tangan setelah pergi ke kamar mandi, sebelum Fresher makan, dan sesudah Fresher melakukan sesuatu hal yang berbau kotor. Sebagian besar dari kita melakukan ajaran ini Fresher. Akan tetapi penelitian terbaru menemukan riset, bahwa ternyata selama ini kita belum melakukan yang terbaik pada saat mencuci tangan. lalu sudah benarkah cara kita mencuci tangan selama ini Fresher ?. Yuk kita simak tips cara mencuci tangan yang bersih dan benar berikut ini Fresher :

Dalam sebuah studi penelitian terbaru yang diterbitkan oleh jurnal Infection Control & Hospital Epidemiology, para ilmuwan dari Universitas Glasgow mengatakan bahwa delapan langkah proses cuci tangan yang baik dan dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai berikut :

Langkah mencuci tangan metode WHO:

1. Basahkan tangan anda dengan air bersih yang mengalir

2. Aplikasikan sabun khusus pencuci tangan ke seluruh permukaan tangan

3. Gosok-gosokkan kedua telapak tangan

4. Bersihkan punggung telapak tangan kiri anda dengan tangan kanan, beserta sela-sela jari telapak tangan anda. Lakukan hal sebaliknya dengan punggung telapak tangan kanan menggunakan tangan kiri.

5. Satukan kedua telapak tangan anda dengan jari saling terkait lalu jari-jari saling bergerak membersihkan satu sama lain.

6. Bersihkan punggung ibu jari kanan dengan usapan ibu jari kiri dan sebaliknya

7. Bersihkan telapak tangan kanan dengan menggunakan kelima jari kiri yang disatukan.

8. Basuh kedua tangan anda dengan air bersih yang mengalir.

9. Keringkan kedua tangan anda.

10. Tangan Anda sudah bersih sekarang.

Menurut Kristine Arthur, M.D., seorang internis di California Orange Coast Memorial Medical Center mengatakan bahwa, “Mencuci tangan adalah cara yang termurah, mudah dan paling efektif untuk mengurangi penyebaran kuman.Dengan mencuci tangan dapat mencegah penyebaran kuman kecil, seperti kuman penyebab pilek dan flu. Juga untuk kuman yang lebih serius dan sering menyerang seperti ecoli, salmonella, dan campylobacter.

Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk mencuci tangan, Arthur merekomendasikan anda untuk menggunakan beberapa trik dari metode WHO tersebut diatas, seperti menjalinkan jari-jari anda saat anda menggosok dan membersihkan bawah kuku anda. Anda tidak harus melakukan kedelapan proses langkah mencuci dari WHO sepenuhnya jika anda tidak cukup waktu, tapi juga jangan hanya menaruh tangan anda di bawah air. Karena, dengan hanya menaruh tangan anda di bawah air itu tidak akan cukup untuk membersihkan kuman.

Demikian informasi seputar tips kesehatan yaitu cara mencuci tangan yang bersih dan benar supaya Fresher tetap terjaga kesehatannya untuk dapat beraktifitas dengan baik dan lancar. Semoga bermanfaat, Salam Sehat Salam Sukses Mulia !.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme