5 Manfaat Dahsyat Olahraga Bagi Mental

5 Manfaat Dahsyat Olahraga Bagi Mental

Fresher, seberapa sering anda melakukan olahraga ? Apakah anda merasa tubuh selalu fit sehingga jarang melakukan aktivitas kebugaran yang satu ini ? Ya! Terkadang kita selalu merasa tubuh kita sehat sehingga agak lalai untuk secara rutin melakukan olahraga. Padahal tahukah anda Fresher, selain menjaga kebugaran tubuh ternyata olahraga juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mental anda. Daniel M. Landers seorang profesor ilmu kesehatan fisik dan olahraga dari Univeritas Arizona menyatakan bahwa dengan menggerakkan tubuh selama 10 menit setiap hari kesehatan mental kita akan meningkat cepat.

Nah, yuk cari tahu lebih dalam mengenai manfaat olahraga bagi kesehatan mental kita. Berikut informasinya.

1. Mengurangi stres
Ternyata berolahraga dapat membantu kita mengurangi kegelisahan hati dan bahkan dapat melawan kemarahan. Hal ini disebabkan pada saat berolahraga jantung bekerja lebih giat yang menyebabkan konsentrasi kita tidak akan terfokus pada urusan yang menjadi beban pikiran kita. Selain dapat mengalihkan pikiran, aerobik yang rutin juga dapat meningkatkan ketahanan kardiovaskular, sehingga nantinya kita dapat bersikap tidak terlalu berlebihan dalam menyikapi suatu masalah. Aerobik adalah jenis olahraga yang baik untuk melawan ketegangan otak seperti berjalan kaki, bersepeda, renang, jogging dan yoga.

2. Lebih Mampu Menghadapi Kegagalan
Dalam berolahraga kita juga mengenal kompetisi. Hal tersebut dapat membantu anda untuk membangun sikap sportif. Hal ini membantu anda untuk bisa menghadapi kegagalan ataupun kesuksesan dalam hidup dengan lebih positif. Anda bisa belajar mengatasi tekanan tetapi tetap menampilkan yang terbaik yang bisa anda berikan.
Olahraga menanamkan rasa berkompetisi dan membantu Anda menghadapi kesuksesan maupun kegagalan dalam hidup dengan pandangan yang positif. Anda belajar bagaimana mengatasi tekanan dan tetap menampilkan permainan terbaik apapun kondisinya.

3. Mempengaruhi produksi hormon Endogenous opioids
Saat anda berolahraga anda dapat menambah produksi beta-endorphin dalam tubuh. Bertambahnya produksi beta-endorphin tersebut meningkatkan konsentrasi beta-endorphin dalam darah dan yang dialirkan ke otak.
Beta-endorphin ini berfungsi mengurangi perasaan nyeri dan memberikan kekuatan menghadapi kanker. Juga berfungsi menambah daya ingat, menormalkan selera, seks, tekanan darah dan ventilasi. Meningkatnya konsentrasi beta-endorphin dalam otak dapat membantu mengurangi nyeri, cemas, depresi dan perasaan letih.

4. Meningkatkan kekuatan otak
Sejumlah penelitian temukan bahwa aktivitas fisik mampu meningkatkan pemikiran kretif beberapa jam usai berolahraga. Hal ini dikarenakan kegiatan fisik yang rutin dilakukan bisa meningkatkan daya reaksi, konsentrasi, kreativitas dan kesehatan mental. Dengan berolahraga tubuh memompa lebih banyak darah sehingga meningkatkan kadar oksigen yang beredar dalam darah. Dengan demikian dapat mempercepat pemasukkan darah ke otak. Para ahli sepakat kalau otak cukup mendapat asupan darah maka reaksi fisik dan mental seseorang akan meningkat.

5. Meningkatkan gelombang Alfa otak
Gelombang Alfa otak sangat bermanfaat bagi manusia karena berhubungan dengan rileks sehingga tubuh bisa merasakan santai seperti saat bermeditasi. Penelitian menunjukan bahwa pada saat berolahraga ada penambahan gelombang alfa di otak. Gelombang alfa ini terlihat pada seorang yang jogging untuk 20 sampai 30 menit, dan tetap dapat diukur setelah olahraga tersebut berakhir. Para peneliti mengemukakan bahwa bertambahnya kekuatan gelombang alfa memberikan kontribusi kepada keuntungan kejiwaan dari olahraga, termasuk berkurangnya kecemasan dan depresi.

Nah, bagaimana Fresher ? Itu baru 5 Manfaat Dahsyat Olahraga Bagi Mental..masih ada manfaat lainnya lho. Masihkah kita malas untuk melakukan olahraga ?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme