Cara Menghadapi Kompetitor

Cara Menghadapi Kompetitor, Jenis usaha apapun pasti memiliki kompetitor. Adakalanya keberadaan kompetitor tersebut dapat menjadi ancaman bagi keberlangungan bisnis. Namun persaingan usaha juga dapat menjadi nilai positif sehingga Anda dapat terpacu untuk membuat inovasi yang menjadikan Anda lebih unggul daripada kompetitor. Berikut beberapa tips menghadapi kompetitor usaha Anda :

1.Melakukan survei kompetitor
Tidak ada salahnya Anda mencari informasi lengkap tentang kompetitor Anda, mulai dari harga, perkiraan keuntungannya, jumlah karyawan, dan informasi penting lainnya. Dengan memperoleh informasi tersebut Anda dapat mengetahui kelebihan dan kelemahan kompetitor Anda, sehingga Anda dapat melakukan hal-hal yang lebuh baik dari pesaing Anda.

2.Pengamatan terhadap usaha sendiri
Setelah melakukan pengamatan terhadap kompetitor, jangan lupa untuk evaluasi usaha sendiri. Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari usaha Anda, sehingga kelebihan tersebut dapat dimaksimalkan dan kekurangan yang ada dapat diperbaiki

3.Inovasi
Untuk dapat unggul dibandingkan kompetitor, Anda perlu melakukan inovasi. Inovasi tersebutlah yang akan menjadi nilai lebih dari usaha Anda dan konsumen lebih tertarik dengan produk Anda.

4.Berikan potongan harga
Salah satu cara untuk menarik konsumen adalah dengan memberikan potongan harga. Tentunya konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk yang lebih murah dengan kualitas yang sama atau bahkan memiliki kualitas yang lebih baik.

5.Pelayanan yang terbaik
Memberikan pelayanan yang terbaik juga akan menjadi satu nilai plus bagi usaha Anda dibandingkan kompetitor. Tentunya konsumen akan malas jika pelayanan yang diberikan tidak ramah sekalipun produk yang dijual memiliki kualitas yang bagus. Oleh karenanya perhatikan juga pelayanan yang diberikan kepada konsumen Anda.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme