Tips Menanggapi Keluhan Pelanggan

Dalam setiap bisnis, tentunya tidak akan lepas dari keluhan pelanggan. Apalagi jika Anda bergerak pada bisnis jasa laundry. Pastinya tidak dapat terhindar dari komplain pelanggan. Alangkah baiknya jika Anda menanggapi keluhan pelanggan dengan baik, karena jika komplain tidak tertangani dengan baik maka besar kemungkinan akan menyebabkan Anda kehilangan pelanggan. Berikut beberapa tips menanggapi keluhan pelanggan :

1.Mendengarkan
Luangkan waktu untuk mendengarkan, lalu ajukan pertanyaan klarifikasi kepada konsumen yang bersangkutan. Hal ini akan membantu Anda dalam proses mendapatkan data yang diperlukan dari pelanggan serta membantu pelanggan agar mereka merasa telah benar-benar didengarkan.

2.Menindaklanjuti
Seleksi tiap keluhan yang masuk dan buatlah skala prioritas penyelesaiannya. Jangan biarkan pelanggan menunggu terlalu lama untuk mendapatkan tanggapan. Menanggapi setiap keluhan adalah aspek yang penting untuk kelangsungan bisnis dalam jangka panjang, selain itu sangat berguna unuk meningkatkan mutu dan kualitas produk dan jasa Anda.

3.Mengamati
Setelah menaggapi keluhan dan memberikan solusi kepada pelanggan, langkah berikutnya adalah lakukan pengamatan apakah solusi yang diberikan telah sesuai dengan keinginan pelanggan. Sangat penting untuk melakukan evaluasi karena selain berguna bagi pelanggan namun juga penting bagi usaha Anda. Anda akan lebih memahami keinginan pasar dan dapat segera melakukan inovasi produk yang paling sesuai dengan keinginan pelanggan.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme