Gagasan untuk memulai dan mengembangkan suatu bisnis dapat berasal dari lingkungan di sekitar kita, bahkan bisa dimulai dengan hal yang menjadi kegemaran kita. Saat ini sudah banyak sekali contoh pengusaha yang sukses yang berawal dari menekuni hobinya. Dengan menjalankan bisnis sesuai dengan hobi atau passion maka proses mengembangkan bisnis akan terasa lebih ringan dan lebih menyenangkan. Namun ada hal yang perlu diingat bahwa tidak semua hobi potensial untuk dijadikan peluang bisnis. Terdapat beberapa kriteria yang perlu diperhatikan sebelum kita mengembangkan hobi kita menjadi sebuah bisnis. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai kriteria agar sebuah hobi dapat dikembangkan menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

1. Dilakukan secara kontinu

Perlu dilihat apakah hobi yang sedang ditekuni tetap menyenangkan walaupun dilaksanakan secara terus menerus. Hal tersebut menjadi satu poin penting untuk mengubah hobi tersebut menjadi usaha, karena ketika untuk menjadikan hobi sebagai usaha maka kita dituntut untuk melakukannya secara berulang-ulang dan terus menerus. Jika tidak tekun dalam menjalankannya maka ada kemungkinan nantinya usaha tersebut menjadi tidak berhasil.

2. Marketable ( bisa dijual )

Beberapa hobi mungkin memiliki nilai jual tinggi namun tidak memiliki banyak peminat. Oleh karena itu perlu dilakukan sebuah riset untuk melihat apakah ada yang berminat dengan hobi tersebut. Jika ternyata hobi tersebut tidak memiliki peminat, sebaiknya tidak dipaksakan untuk dijadikan usaha, supaya nantinya tdak berujung pada kegagalan. Namun jika Anda pandai melihat peluang dan pandai dalam memasarkannya, maka keunikan hobi Anda dapat menjadi trendsetter dan kemudian diminati oleh banyak orang.

3. Mampu memotivasi dan menarik untuk ditekuni dalam jangka panjang

Jika hobi Anda mampu membuat Anda terus-menerus bersemangat menekuninya bahkan hingga 10 tahun ke depan, maka itulah hobi yang pantas untuk diperhitungkan. Bahkan, jika Anda merasa mampu melakukan hal itu seumur hidup, maka hobi Anda sangat potensial untuk sukses sebagai bisnis.

4. Bukan trend sesaat

Perlu diperhatikan juga, apakah hobi Anda ini masih akan tetap menarik walaupun berlangsung dalam waktu yang lama, dan apakah akan semakin banyak orang yang membutuhkannya di masa mendatang. Bukan hanya produk yang hanya menjadi trend di saat ini saja. Jika memang demikian, maka hobi Anda memang pantas untuk dikembangkan menjadi sebuah bisnis.

Oleh : Chindy Grafidia

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme