Memasuki masa pensiun bukan berarti menghentikan kreatifitas Anda. Masih banyak hal yang dapat dilakukan ketika masa-masa pensiun tiba, salah satunya dengan berbisnis. Dengan berbisnis, Anda dapat mengisi waktu Anda dengan tetap produktif, bahkan akan tetap memiliki penghasilan. Meskipun baru dimulai di usia senja, tidak menutup kemungkinan bisnis yang dijalankan membawa kesuksesan bagi Anda.

Dalam memilih jenis bisnis yang akan ditekuni pada masa pensiun, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan, yaitu sektor usaha yang dipilih tidak beresiko tinggi agar masa tua pensiunan tidak berpikir terlalu keras, mudah dioperasikan dan akan menjadi nilai tambah jika usaha yang akan dijalankan sesuai dengan hobi atau keahlian Anda. Berikut tips bagi Anda yang ingin memulai bisnis di masa pensiun Anda :

1. Temukan peluang di bidang yang Anda kuasai

Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan keahlian yang Anda miliki selama masih bekerja. Keahlian ini dapat menjadi modal untuk memulai bisnis sehingga nantinya Anda tinggal mengembangkan apa yang telah menjadi kemampuan Anda.

2. Pertimbangkan untuk mengubah hobi menjadi bisnis

Tidak ada salahnya untuk mulai membisniskan hobi yang dimiliki. Apalagi jika hobi tersebut dapat menghasilkan produk yang diminati oleh banyak orang. Ketika Anda menjalankan bisnis berdasarkan hobi dan minat Anda maka akan memperoleh keuntungan ganda yaitu Anda dapat melakukan hal yang Anda senangi dan sekaligus memperoleh pemasukan dari hobi tersebut.

3. Manfaatkan koneksi yang dimiliki

Selama menjadi karyawan tentunya Anda bertemu dan membangun relasi dengan banyak orang. Anda dapat memanfaatkan jaringan yang sudah dibangun untuk mendapat peluang bisnis.

4. Perhatikan beban kerja

Sikapi keinginan untuk berwirausaha dengan mempertimbangkan kondisi tubuh dan hindari bidang usaha yang memiliki instensitas kerja tinggi. Model usaha yang sesuai untuk dijalankan pensiunan salah satunya adalah bisnis franchise, karena dengan menjalankan bisnis franchise Anda sudah tidak perlu repot memikirkan persiapan bisnis dan mendapatkan bimbingan dalam operasional bisnis.

Bagi pensiunan yang sedang mempertimbangkan untuk memulai bisnis, dapat menjatuhkan pilihan di Simply Fresh Laundry, yang telah memiliki 255 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia dan telah terbukti memiliki Return on Investment kurang dari 1 tahun. Dengan demikian Anda dapat tetap produktif di masa pensiun dan meraih kesuksesan bisnis bersama Simply Fresh Laundry.

Oleh : Chindy Grafidia

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme