Hidup Sehat Berawal dari Kebersihan Alat Dapur

Hidup Sehat Berawal dari Kebersihan Alat Dapur

Hidup Sehat Berawal dari Kebersihan Alat Dapur

Sobat Fresher, Hasil penemuan para peneliti dari College of Agriculture and Environmental Sciences di University of Georgia, bahwa pisau dapur ternyata dapat menjadi sarang kuman dan sumber pertukaran kuman ataupun bakteri antar bahan makanan. Berikut Mr.Fresh rangkum informasi seputar hidup sehat berawal dari kebersihan alat dapur berikut ini :

Sobat Fresher, untuk bahan makanan yang sifatnya dimasak, kuman dapat mati selama proses pemanasan. Namun, apabila anda memutuskan untuk memotong bahan-bahan masakan yang akan akan anda konsumsi seperti makanan segar misalnya seperti salad atau buah-buahan, para peneliti tersebut sangat merekomendasikan anda untuk mencuci peralatan dapur anda, seperti pisau, pengupas, dan parutan, sebanyak dua kali tiap pemakaian, yaitu sebelum digunakan dan sesudah digunakan.

Dalam studi penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Microbiolog tersebut menyarakan kepada anda untuk memiliki peralatan dapur yang tepisah, antara bahan makanan mentah seperti ikan maupun daging dengan bahan makanan yang siap untuk dikonsumsi.

Bukan tanpa alasan, pisau tidak hanya bisa menjadi media atau sarang pertukaran kuman, pada tahun 2014, tim peneliti dari Swiss telah melakukan pengujian terhadap peralatan masak umum seperti pisau dan talenan. Hasilnya, sekitar 3,5 persen dari talenan tenyata terdapat bakteri E. Coli, dan 6,5 persennya telah terkontaminasi dengan bakteri yang resistan terhadap obat. Bakteri lainnya Salmonella merupakan bakteri umum lain yang dapat ditransfer melalui peralatan dapur.

Mengetahui bahwa peralatan dapur dapat menyebabkan kontaminasi silang merupakan hal yang penting bagi kesehatan, supaya anda bisa lebih waspada dan pastinya memastikan kebersihan alat dapur anda supaya terbebas dari bakteri-bakteri tersebut.

Menurut U.S. Department of Health & Human Services mengingatkan kepada anda kalau bakteri tersebut bisa sangat mungkin dapat bersarang di dapur anda, bahkan termasuk dapat melaui tangan anda. Oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk mencuci tangan setiap sesudah melakukan aktifitas, supaya tangan anda steril dan terbebas dari kuman dan bakteri.

Mencuci tangan setidaknya selama kurang lebih 20 detik baik dengan menggunakan air hangat maupun dingin bisa juga menggunakan sabun supaya dapat menghentikan penyebaran kuman yang terdapat di tangan anda. Gosokkan punggung tangan anda, antara jari, dan di bawah kuku, serta bilas dan keringkan tangan anda menggunakan handuk bersih.

Ketika anda akan mengupas buah-buahan dan sayuran, sangat penting bagi anda untuk mencuci bahan makanan tersebut terlebih dahulu. Serta pastikan juga untuk mencuci dan membersihkan buah-buahan dan sayuran anda dengan bersih. Lalu keringkan dengan handuk bersih pada saat anda ingin memotongnya dan meraciknya.

Demikian informasi yang Mr.Fresh bagikan seputar hidup sehat berawal dari kebersihan alat dapur, semoga bermanfaat. Salam Sehat Salam Sukses Mulia.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme