Makanan Minuman Penambah Semangat Pagi

Pagi hari adalah waktu yang menentukan hari kamu selanjutnya. Semangat di pagi hari dapat membuat hari kamu bersemangat juga. Nah, kenapa kamu biarkan pagi kamu lesu tanpa semangat? Jika itu yang terjadi maka coba buat pagi kamu lebih berstamina dengan beberapa makanan penambah semangat berikut:

1. Segelas Air Putih Setelah Bangun
Bangun pagi segera tinggalkan tempat tidur kamu dan minumlah segelas air putih. Air putih membantu mendorong reaksi metabolisme kamu. Nah, setelah ada rasa ingin kebelakang pasti kamu akan terbangun sepenuhnya. Jika perlu cuci muka kamu agar tubuh terasa lebih segar dan tidak lagi mengantuk.

2. Sesendok gula pasir 
Satu sendok gula yang dimasukkan dalam kopi dan teh, atau tambahan madu dalam smoothies akan menstimulasi pelepasan acetylcholine, yaitu zat kiawi pada otak yang meningkatkan memori otak. Tetapi ingat Fresher, jangan mengkonsumsi gula berlebihan. Ingat bahwa rasa manis yang berlebihan dapat meningkatkan level serotonin. Akibatnya kamu akan mudah mengantuk.

3. Rasa Pedas 
Makanan yang pedas-pedas akan memompa aliran darah, hal itu seperti memanaskan mesin. Jika tomat terlalu asam buat Anda pada pagi hari, campurkan sesendok makan jahe segar kupas ke dalam teh panas atau smoothies dingin. Itu akan membantu memanaskan “mesin” tubuh kamu.

4. Konsumsi Makanan Ber-Omega 3 
Mengonsumsi omega-3 akan meningkatkan kandungan oksigen di dalam darah sehingga metabolisme tubuh menjadi lebih optimal. Sehingga bisa meningkatkan energi dan stamina tubuh. Makanan ber omega 3 antara lain kacang-kacangan, telur juga ikan Salmon.

Kacang kaya akan protein, mineral (terutama selenium), dan lemak omega-3. Kacang pun mengandung vitamin E dan antioksidan untuk memerangi penat karena kerjaan yang menumpuk. Selain memperbaiki mood, kacang-kacangan dianggap sebagai makanan yang mencerdaskan karena tinggi lemak omega-3. Omega-3 membantu meningkatkan aliran darah dalam otak sehingga bisa menjernihkan pikiran.

Ikan Salmon mengandung lemak yang dikenal sebagai DHA, dimana dapat meningkatkan 97% dari asam lemak omega-3 ke otak. Tubuh Fresher perlu melakukan pembersihan untuk membuat otak siap beraksi – sebagian peran DHA adalah untuk membawa keluar sampah-sampah yang diproduksi sel yang membuat kinerja otak terasa lamban.

5.Teh Hijau
Teh hijau telah digunakan selama ribuan tahun karena diyakini banyak manfaatnya. Sama seperti buah, teh hijau juga sangat kaya akan antioksidan, asam amino dan L-theanine, yang dikenal dapat mengurangi stres dan kecemasan serta meningkatkan mood. Jika dikonsumsi secara teratur, teh hijau dapat memberikan perasaan bahagia secara keseluruhan. Selain mengangkat mood, L-theanine yang ditemukan dalam teh hijau juga dapat meningkatkan memori, fokus serta kewaspadaan mental.

6. Kedelai 
Di dalam kedelai terkandung senyawa yang disebut isoflavones yang dapat membantu menjernihkan pikiran (dan melawan kehilangan memori pada otak). Minumlah segelas susu kedelai yang mengandung kalsium, tuangkan dalam semangkuk sereal gandum, atau campurkan beberapa tahu yang sudah dipotong-potong ke dalam orak-arik telur.

Itu tadi beberapa makanan dan minuman yang menambah semangat di pagi hari. Kalau Fresher, apa makanan penambah semangat di pagi hari?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme