Ini! Hewan Penyebab Pakaian Anda Berlubang

Ini! Hewan Penyebab Pakaian Anda Berlubang

Fresher sering merasa kesal karena pakaian yang anda simpan dalam lemari pakaian tiba-tiba menjadi rusak berlubang ?

Mungkin anda bertanya-tanya apakah penyebabnya ? Ternyata ada hewan kecil jenis serangga yang suka mengkonsumsi kain pada pakaian yakni ngengat. Ya! kerusakan yang terjadi di pakaian umumnya disebabkan karena ngengat.

Ini! Hewan Penyebab Pakaian Anda Berlubang Ini! Hewan Penyebab Pakaian Anda Berlubang Ini! Hewan Penyebab Pakaian Anda Berlubang

Kali ini Mr. Fresh akan kupas serba-serbi serangga nakal ini. Silahkan disimak ya Fresher.

1. Ngengat yang memakan kain di pakaian kita dinamakan Ngengat Pakaian (Tineola bisselliella).

2. Ngengat Pakaian yang memakan pakaian kita bukanlah ngengat dewasa melainkan ngengat yang masih dalam bentuk larva dan masih memiliki mulut yang biasanya berumur dua minggu hingga satu bulan.

Ini! Hewan Penyebab Pakaian Anda Berlubang

3. Jenis pakaian yang disukai ngengat ini cukup spesifik yakni pakaian yang terbuat dari sutra, wol atau bahan-bahan yang mengandung keratin. Adanya noda di pakaian dan kondisi lemari pakaian yang lembab juga menjadi pemicu ngengat senang bertelur di pakaian anda.

4. Ngengat betina akan menelurkan 50 hingga 1000 butir dipakaian yang ia anggap tepat untuk keturunannya dan setelah telur menetas maka larva-larva akan mulai menggerogoti pakaian.

5. Larva ngengat tidak menyukai kain sintetis dan katun. Hal tersebut dikarenakan kain sintetis dan katun tidak mengandung keratin. Oleh karena itu biasanya pakaian dengan kedua jenis bahan itu akan aman dari serangan ngengat, kecuali jika kedua bahan itu mengandung campuran serat hewan.

6. Kemunculan ngengat bisa dicegah dengan secara rutin menjaga sirkulasi lemari pakaian dan tentu saja membersihkan lemari pakaian anda secara teratur.

7. Pencegahan lain bisa anda lakukan dengan menempatkan kayu cedar pada lemari pakaian. Cukup letakkan potongan kecil kayu cedar yang bisa anda beli di supermarket.

8. Menempatkan kulit jeruk lemon kering atau lavender juga bisa anda gunakan. Caranya cukup letakkan potongan kulit jeruk lemon kering dan lavender di kain kasa atau kain kecil lain yang cukup berongga. Aroma wanginya Ngengat tak suka.

Semoga tips Ini! Hewan Penyebab Pakaian Anda Berlubang bisa bermanfaat ya Fresher dan yuk berikan perawatan terbaik untuk pakaian kesayanngan anda.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme