Ini Penyebab Anda Kelelahan Dalam Bekerja!

Ini Penyebab Anda Kelelahan Dalam Bekerja!

Apakah anda sering merasakan kelelahan usai bekerja ?

Tahukah anda, rasa capek sering mengakibatkan orang jadi sedih atau bahkan galau. Kelelahan juga dapat menurunkan ketahanan fisik terhadap influenza dan terhadap ratusan penyakit lainnya. Capek juga menurunkan daya tahan anda terhadap rasa takut dan sedih. Jadi mencegah rasa capai cenderung untuk mencegah kegalauan.

Mungkin anda berpikir beban pekerjaan yang menyebabkan kelelahan yang dirasakan oleh tubuh tetapi beberapa penelitian menyatakan banyak faktor yang menyebabkan kelelahan.

Dikutip dari brandsworld.co.id, dalam sebuah makalah berisi kesimpulan dari berbagai penelitian mengenai kelelahan terkait pekerjaan (2006) oleh Department of Employment and Workplace Relations – Australian Safety and Compensation Council (ASCC), disebutkan sejumlah faktor yang memengaruhi kelelahan saat bekerja.
Faktor tersebut antara lain tuntutan pekerjaan, jam kerja, tuntutan secara fisik dan psikis dalam bekerja, psikososial, lingkungan, hubungan interpersonal, kondisi lingkungan kerja seperti suara bising, suhu, serta stres dalam bekerja, tak terkecuali pola tidur.

Penelitian lain yang cukup menarik, dikutip dari wapannuri.com, disebutkan bahwa pekerjaan otak sendiri tidak menyebabkan rasa capai. Para ilmuwan mencoba mencari sampai berapa jauh otak manusia mampu bekerja tanpa mencapai “batas kapasitas kerja.” Menurut definisi ilmiah, batas kapasitas kerja artinya keletihan. Para ilmuwan terkejud dan heran karena ternyata kalo otak sedang aktif, darah yang mengalir melalui otak tidak menunjukkan tanda-tanda keletihan sama sekali.

Nah, kali ini pertanyaannya bagaimana mengatasi kelelahan tersebut ?

1. Beristirahat dan bersantailah sesering mungkin. Beristirahatlah sebelum anda capai. Yuk mulai kebiasaan bekerja sehat. Cara bekerja yang benar dan sehat adalah berhenti sebelum kecapaian,  beristirahat kemudian bekerja kembali. Sekilas memang kelihatannya tidak efisien, tetapi justru cara kerja ini lebih menghasilkan. Ambillah sejenak waktu istirahat siang anda untuk rileks bahkan sebentar untuk tidur siang. Hal tersebut akan bermanfaat bagi kondisi tubuh anda.

2. 100 persen keletihan yang diderita oleh seorang pekerja duduk dalam keadaan sehat, disebabkan oleh faktor-faktor psikologis, yakini faktor-faktor emosional. Faktor emosional ini yang menyebabkan anda sebagai pekerja duduk menjadi kelelahan layaknya pekerja fisik. Coba cek apakah posisi duduk anda tegang ? Kening anda berkerut ? Mata anda tegang ? Ketegangan yang anda buat itulah yang menyebabkan syaraf dan otot anda menjadi tegang. Otot anda akan tegang layaknya sedang bekerja padahal yang sedang anda gunakan untuk bekerja adalah otak anda. Karena itu santailah! Karena itu santailah!

3. Seringlah melakukan evaluasi akan cara kerja anda. Lakukanlah kontrol pada diri anda setidaknya empat atau lima kali sehari. Cek apakah anda melakukan ketegangan yang tidak perlu pada saat anda bekerja ? Jika iya maka ubah posisi anda dan bersikaplah dengan santai.

4. Menghela Nafas Dalam
Tutup mata dan pusatkan pikiran Anda pada nafas yang dibuang lewat mulut tersebut. Lakukan aktivitas ini selama 2-5 menit. Menarik nafas dalam dapat membantu meredakan syaraf-syaraf otak yang tegang. Selain itu, aktivitas mudah ini dapat meningkatkan fokus Anda.

5. Tertawa
Tertawa dapat memicu lepasnya hormon endorfin dan dopamin di otak. Hormon tersebut dapat berperan dalam membuat seseorang bahagia dan mengurangi rasa lelah tentunya.

6. Mendengarkan musik
Pilihlah musik yang santai dan lembut. Dengan mendengarkan lagu favorit Anda, Anda akan sedikit tenang dan rileks.

7. Ibadah
Melakukan ibadah juga bisa memberikan ketenangan hati dan bisa membantu mengurangi kelelahan. Jika anda seorang muslim, sholat dapat mengatasi stres. Sewaktu sujud, aliran darah ke otak meningkat sehingga otak mendapat suplai oksigen yang cukup. Selain itu saat sholat anda dapat mencoba untuk rileks pada saat berdoa dan mengeluarkan keluh kesah yang anda rasakan.

Selamat mencoba ya Fresher, semoga tips Ini Penyebab Anda Kelelahan Dalam Bekerja! Dapat bermanfaat untuk anda.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme