Lemari Pakaian Anda Berjamur ? Cari Tahu Penyebabnya!

Lemari Pakaian Anda Berjamur ? Cari Tahu Penyebabnya!

Lemari Pakaian Anda Berjamur ? Cari Tahu Penyebabnya!

Menyimpan pakaian di lemari tentu dengan tujuan agar pakaian dapat tetap rapi dan bersih. Tapi apa jadinya kalau lemari pakaian anda justru berjamur dan merusak pakaian kesayangan ? Fresher pernah mengalami hal tersebut ?

Ya, lemari pakaian terutama yang terbuat dari kayu memiliki kecenderungan untuk ditumbuhi jamur yang disebabkan oleh beberapa faktor. Jamur tersebut tidak hanya berpotensi melapukkan lemari pakaian anda tetapi juga menimbulkan noda bahkan kerusakan pada pakaian.

Penasaran kenapa lemari pakaian anda mudah ditumbuhi oleh jamur ?

1. Jamur biasanya tumbuh di tempat yang lembab. Oleh karena itu cek kondisi ruangan, lantai dan tembok tempat anda meletakkan lemari.

2. Jika kondisi ruangan memang lembab maka anda harus mencari cara untuk mengatur sirkulasi udara dalam ruangan agar tidak menjadi lembab. Secara rutin bukalah jendela ruangan agar sirkulasi udara berganti dan sinar matahari dapat masuk dalam ruangan. Hal ini dapat membuat suhu ruang lebih terjaga dan terhindar dari kelembapan.

3. Jika lantai atau tembok saja yang lembab maka anda bisa melapisi tembok dengan cat anti air agar suhu lembab yang basah tidak menempel ditembok dan mengenai lemari pakaian anda. Anda juga dapat membuat jarak antara tembok dengan lemari sekitar 10-15 cm. Kemudian untuk lantai yang lembab anda dapat mengalasi furniture dengan alas kayu atau alas lain yang dapat menjadi perantara antara lantai dan lemari kayu.

4. Meletakkan kamper di sudut-sudut lemari juga dapat mencegah tumbuhnya jamur sekaligus membuat lemari anda lebih wangi.

5. Ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan menggantungkan pakaian yang sudah digunakan atau handuk di lemari pakaian. Padahal jika pakaian anda basah atau handuk yang lembab bisa berpotensi membuat lemari anda juga menjadi lembab.

6. Selain menjaga sirkulasi udara di luar lemari maka sirkulasi udara dalam lemari juga harus dijaga. Cara yang bisa digunakan adalah dengan tidak terlalu membuat lemari anda penuh dengan pakaian. Berikan sedikit ruang agar sirkulasi udara lebih baik. Menjaga sirkulasi udara dalam lemari juga dapat dilakukan dengan secara rutin membuka pintu lemari anda.

Selamat mencoba tips di atas ya Fresher dan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme