Ini Penyebab Anda Mengantuk ?

Ini Penyebab Anda Mengantuk ?

Bulan Ramadhan, bulan puasa jangan dijadikan alasan untuk lemas dan berkantuk-kantuk ria ya Fresher!

Bisa jadi hal yang wajar jika hari pertama atau hari kedua puasa membuat anda lemas karena tubuh masih perlu melakukan penyesuaian. Tetapi apa jadinya jika rasa malas dan mengantuk terus anda rasakan sepanjang waktu ?

Fresher harus berhati-hati karena bisa jadi tubuh anda kurang mendapat porsi istirahat yang cukup atau bisa jadi rasa kantuk yang sepanjang waktu disebabkan oleh gangguan kesehatan. Tahukah Fresher bahkan pola makan pun bisa membuat seseorang mengantuk sepanjang waktu. Seperti dikutip dari health.detik.com berikut beberapa penyebab rasa kantuk yang sering muncul :

1. Kurang tidur
Jelas, kurang tidur membuat seseorang cepat mengantuk. Dalam hal ini, bukan cuma lamanya tidur yang berpengaruh melainkan juga kualitas tidur. Normalnya seseorang butuh tidur 8 jam dalam sehari, tetapi ada pula yang tetap mengantuk karena tidurnya tidak berkualitas.

2. Kurang minum
Banyak orang tidak sadar bahwa kantuk yang dirasakan tidak lain adalah tanda-tanda dehidrasi atau kekurangan cairan. Tanda lain yang bisa diamati adalah warna kencing. Makin pekat warnanya, makin sedikit kecukupan cairannya. Delapan gelas air putih dalam sehari adalah jumlah yang direkomendasikan.

3. Makan tidak sehat
Kebanyakan orang mengira gula adalah pendongkrak tenaga. Namun kenyataannya, para ahli mengatakan hal yang sebaliknya. Terlalu banyak makanan manis, dan berlemak tentunya, justru akan membuat tubuh merasa cepat letih.

4. Kurang vitamin
Vitamin B dan D dibutuhkan untuk memecah gula menjadi energi. Kekurangan asupan ini membuat level energi menurun, sehingga tampak lesu. Jika diperlukan, tidak perlu ragu untuk mengonsumsi suplemen.

5. Ada infeksi
Radang akibat infeksi bisa membuat level energi menurun. Tidak selalu harus berarti infeksi serius yang mematikan, kadang infeksi ringan seperti radang gusi dan tenggorokan juga bisa membuat seseorang merasa tidak enak badan dan cenderung lemas.

Yuk kita cek kondisi tubuh kita sendiri Fresher, jangan kalah oleh rasa kantuk, tetap semangat beraktifitas ya!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme