Setrika menjadi salah satu komoditas utama untuk menjadi pengusaha laundry kiloan, setrika memiliki beberapa jenis sesuai dengan kebutuhan, berikut ini adalah jenis jenis setrika yang cocok dan dapat digunakan untuk usaha laundry

  1. Setrika Listrik Otomatis

Sebagaimana para ibu rumah tangga biasa memanfaatkan setrika jenis ini, perusahaan laundry yang baru berdiri juga masih menggunakan setrika listrik otomatis. Selain karena hanya membutuhkan modal yang kecil, setrika listrik otomatis dapat menghasilkan pakaian yang rapi dan licin.

Meskipun berharga murah, pemilihan setrika listrik sebagai jenis setrika untuk usaha laundry bukanlah jalan terbaik. Terlebih jika laundry sudah menunjukkan perkembangan pesat dan mendapat kepercayaan di masyarakat. Setrika listrik otomatis dapat merusak kain yang memuat sablonan dari bahan karet. Selain itu listrik yang harus dikeluarkan cukup besar. Belum lagi hasil setrikaan yang masih di bawah baju hasil setrikaan menggunakan setrika uap.

  1. Setrika Uap Boiler

Setrika uap boiler menggunakan bahan baja untuk mendasari bagian dalam dan bahan stainless sebagai bahan dasar luar. Mesin setrika uap boiler biasanya diimpor dari negeri matahari terbit, Jepang. Kecanggihan mesin setrika uap boiler dapat menampung air 10 – 15 liter dengan 1-2 kepala.

Perbedaan setrika uap boiler dengan setrika uap biasa menjadi keunggulannya yang masih belum terkalahkan di dunia laundry Indonesia. Karena tidak sembarang perusahaan laundry menggunakan mesin setrika uap boiler. Setrika uap boiler tidak bergantung pada listrik sebagai sumber kehidupannya.

  • Sumber Energi Setrika

Sebagai pengganti listrik, setrika uap boiler menggunakan gas LPG. Penggunaan LPG membuat perusahaan laundry dapat menghemat banyak pasokan listrik. Sekaligus merupakan salah satu upaya menghemat konsumsi listrik berlebihan di Negara kita. Tentu saja pemilihan LPG sebagai sumber pemanas akan jauh lebih murah dibanding listrik yang tarifnya naik.

  • Waktu Penyelesaian

Hebatnya lagi, setrika uap boiler dapat menyetrika pakaian tanpa harus membolak balik. Misalkan saya sedang mendapatkan orderan laundry setrika baju 100 kg pada hari ini dan harus selesai dalam 2 hari. Setrika uap boiler dapat menjadi solusinya.

Kemampuan setrika uap boiler melicinkan pakaian dapat menghasilkan panas yang tembus hingga lapisan kain ketiga. Apapun bahan pakaian yang harus disetrika, panas yang dihasilkan setrika uap boiler dapat menembusnya. Bahkan untuk pakaian berbahan tebal seperti celana Levi’s dan Jeans. Sehingga dengan menggunakan setrika jenis ini, pekerjaan laundry anda dapat sangat terbantu.

Jika menggunakan setrika listrik otomatis anda bisa menyelesaikan 5 kg pakaian yang harus disetrika dalam waktu sejam. Anda dapat juga menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam waktu 3 kali lebih cepat, 20 menit saja. Tentunya semua karena kemampuan setrika uap boiler yang mampu menembus lapisan kain tanpa menggosongkan pakaian.

  1. Setrika Uap

Setrika uap ini juga membutuhkan sumber daya listrik sebagai pengubah energi agar menghasilkan panas. Ada banyak keunggulan dari setrika uap yang menjadi alasan para pengusaha  laundry membeli setrika uap ini sebagai salah satu inventaris perusahaan.

  • Hasil Setrika

Yang menjadi pertimbangan utama tentunya hasil outputnya. Setrika listrik uap dapat menghasilkan baju yang lebih licin dan rapi dalam waktu yang singkat. Singkatnya waktu yang dibutuhkan tentunya di atas waktu yang dihabiskan oleh setrika listrik otomatis.

Setrika listrik uap juga akan menghindarkan resiko baju berlubang akibat cara penyetrikaan yang salah. Berdasarkan banyak pengalaman para pengelola laundry, biaya awal yang dikeluarkan akan sebanding dengan setrika yang awet dan berumur panjang.

  • Tidak Membuat Luntur

Pakaian yang disetrika menggunakan setrika listrik uap dapat dijamin kualitasnya. Terutama pada pakaian berjenis kain katun dan memiliki sablon di bagian pakaiannya. Setrika listrik uap tidak akan merusak hasil sablonan dan tidak menyetrika kain katun dengan hasil yang cepat kusut kembali.

Tentunya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, seorang pengusaha laundry harus rela mengeluarkan modal sedikit lebih besar. Pekerja yang berada di bagian penyetrikaan juga harus belajar mengoperasikan setrika listrik uap karena setrika jenis ini membutuhkan instalasi dan cara pengoperasian yang lebih rumit disbanding setrika listrik otomatis. Belum lagi tidak ada pengatur suhu berupa thermostat seperti yang ada pada setrika listrik otomatis.

  • Dry Cleaning

Bagi para pengusaha laundry yang belum mampu membeli mesin dry cleaning dapat menggantikan fungsinya sementara dengan mesin setrika uap berdiri. Setrika jenis uap dapat menggantikan kegunaan mesin dry cleaning namun harus dilakukan secara manual. Baju-baju yang memang tidak bisa dicuci menggunakan air bisa dirapikan dengan setrika jenis ini jika anda bersedia telaten.

  1. Vertical Steamer

Sebenarnya mesin ini bukanlah jenis setrika. Namun dalam dunia laundry kiloan dan laundry ternama, mesin ini pasti ada di dalamnya. Mesin vertical steamer dapat membantu pekerjaan merapikan baju berbahan khusus semisal sutra atau pakaian yang memiliki kerutan. (baca juga : Cara Menyetrika Baju Katun)

Menyetrika kain juga harus memperhatikan jenis kain. Sebaiknya anda tidak memaksakan penyetrikaan pada kain yang berlabel dry cleaning. Itu artinya pakaian anda dapat dirapikan dengan mesin ini. Mesin ini melakukan pekerjaan mesin dry cleaning dengan memulai dari atas ke bawah.

  1. Setrika Roll

Setrika jenis ini banyak digunakan oleh tempat-tempat laundry yang memiliki banyak pelanggan berupa perusahaan. Baik itu hotel, rumah sakit, penginapan atau bahkan rumah tangga menengah ke atas. Setrika roll ini cocok digunakan untuk menyetrika kain-kain yang lebar namun harus menghasilkan setrikaan yang rapi seperti kain seprai di hotel-hotel.

Ditulis dalam Setrika.co.id
Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme