Manfaat belajar sepeda

Manfaat Bermain Sepeda untuk Anak, Bermain sepeda adalah salah satu media bagi orangtua untuk menstimulasi kecerdasan psikomotorik anak. Parameter atau karakteristik yang digunakan dalam menilai kecerdasan psikomotor diantaranya adalah gerakan motorik kasar yang biasanya ditentukan oleh gerak otot dan fisik (seperti pergerakan dan sikap tubuh) dan gerakan motorik halus merupakan gerak koordinasi yang dilakukan oleh seorang anak (seperti menggambar dan memegang suatu benda).

Berikut ini penjelasan tentang beberapa manfaat bermain sepeda bagi anak:

1. Belajar melatih kemampuan motorik anak

Bermain sepeda ini merupakan kolaborasi antara gerakan motorik kasar dan gerakan motorik halus karena anak akan menggerakkan tubuhnya dalam berkendara dan mengkoordinasikan beberapa anggota tubuhnya untuk menjaga keseimbangan.

2. Belajar arah dan konsentrasi

Ketika anak diajarkan bermain sepeda, anak akan mengolah berbagai infomasi yang diberikan. Anak akan berkonsentrasi dan menggunakan kognitif nya. Anak akan belajar tentang arah mata angin dan berbagai bentuk strategi. Anak pada usia balita perkembangan sosialnya sudah mencapai tahap mengambil arah dan mengikuti beberapa aturan dari orang dewasa.

3. Belajar bersosialisasi

Anak usia balita juga sudah mulai melibatkan diri dalam permainan yang paralalel dan mulai bermain permainan yang membutuhkan kerja sama. Ketika anak diajarkan belajar sepeda, anak akan diajari tentang jalur bersepeda yang benar agar tidak mencelakai diri sendiri dan orang lain. Ketika anak sudah bermain peran dalam bentuk permainan yang membutuhkan sosialisasi, maka anak akan belajar berani dan percaya diri.

*Diolah dari berbagai sumber

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme