Banyak cara untuk menjaga pola makan, salah satunya dengan melakukan food combining. Sebagai pola makan yang digunakan untuk menyeimbangkan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, yaitu dengan cara menyesuaikan dengan siklus pencernaan, food combining memiliki banyak manfaat lho Fresher. Seperti dikutip dari health.detik.com, dr.Teguh Aribowo dalam bukunya yang berjudul ‘Cara Sehat Prima & Bugar Secara Aman: Food Combining’, menyebutkan beberapa manfaat food combining bagi kesehatan dan kecantikan:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Dokter William Howard Hay, ahli bedah dari AS, adalah salah satu tenaga medis yang turut mempopulerkan food combining. Dengan pola makan ini, daya tahan tubuhnya meningkat tajam. Dalam usianya yang sudah tak lagi muda, dr Howard bahkan mampu berjalan cepat dan berlari beberapa kilometer.

2. Mengatasi konstipasi
Seperti telah disebutkan sebelumnya, food combining bekerja dengan menyesuaikan siklus pencernaan tubuh. Sehingga secara otomatis tubuh dapat menjalankan fungsi pencernaannya dengan baik. Ampas yang sudah tak terpakai oleh tubuh dibuang melalui feses dengan mudah karena pada jam pembuangan, yaitu pukul 4 pagi hingga 12 siang, tubuh benar-benar fokus bekerja.

Food combining juga memungkinkan tubuh kita menerima asupan serat yang berlimpah dari buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsi setiap hari, sehingga semakin mempermudah proses buang air besar.

3. Mencegah penyakit kanker
Food combining menekankan perlunya asupan buah-buahan. Oleh karenanya, tidak dpat dipungkiri kalau pada akhirnya banyak zat antioksidan yang masuk ke dalam tubuh. Buah-buahan dan sayuran, terutama yang mengandung vitamin C, terbukti mampu mencegah dan bahkan mengobati kanker.

4. Menghaluskan kulit
Keseimbangan pH yang difokuskan dalam pola makan food combining tak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga membuat kulit menjadi halus dan tak mudah berkerut. Di samping itu, kandungan vitamin dari buah dan sayuran yang banyak memiliki fungsi sebgai antioksidan, juga dapat membuat kulit tubuh tampak lebih halus dan cerah.

5. Gigi kuat dan rambut berkilau
Pola makan food combining yang menyarankan konsumsi golongan beras merah serta kacang-kacangan memberikan nutrisi bagi rambut, sehingga tampak selalu sehat dan berkilau. Demikian pula karena asupan kalsium yang tidak terbuang dengan sia-sia membuat tulang dan gigi menjadi lebih sehat dan terawat.

Banyak sekali bukan manfaatnya Fresher. Apakah kamu pernah melakukan food combining?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme