Hai fresher. Taukah kalau sepatu yang bau dipengaruhi oleh iklim, kondisi tubuh, kebiasaan si pemakai, dan kondisi fisik sepatu itu sendiri? Iklim tropis dengan kelembapan udara tinggi seperti di Indonesia membuat lingkungan di dalam sepatu juga cepat berubah menjadi lembap dan hangat. Kondisi tersebut menjadi semakin parah jika fresher termasuk orang yang mudah berkeringat, terutama di kaki, dan jika fresher memiliki kebiasaan buruk seputar pemakaian sepatu. Sedangkan kondisi fisik sepatu mencakup bahan dan strukturnya yang menentukan kemudahan sepatu bernapas. Untuk menghilangkan bau kaki di sepatu, keempat faktor tersebut perlu fresher perhatikan.

Lalu bagaimana ya cara menghilangkan bau kaki pada sepatu?

Bau kaki pada sepatu dihasilkan oleh bakteri yang berinteraksi dengan keringat. Kondisi lembap dan hangat di dalam sepatu sangat cocok bagi bakteri untuk tumbuh dan memproduksi bau menyengat. Kaus kaki yang dikenakan lebih dari sehari dan pemakaian sepatu yang tidak dirotasi membuat bau sepatu semakin tajam karena penumpukan bau tanpa jeda yang cukup.

Berikut ini Mr. Fresh akan membagikan delapan cara mengatasi sepatu bau:

Langkah pertama, fresher harus mengeringkan sepatu terlebih dahulu. Taruh sepatu di luar rumah dan biarkan hingga kering. Sebagian sepatu bisa dijemur di bawah sinar matahari langsung, tetapi sebagian yang lain hanya bisa diangin-anginkan agar tidak merusak bahannya.

Kemudian, buat fresher yang ingin mengetahui bahaimana cara menghilangkan bau sepatu, ikuti terus yuk.

Langkah pertama yang harus fresher lakukan adalah mencuci sepatu. Periksa petunjuk perawatan sepatu kets atau sepatu olah raga untuk mengetahui apakah bisa dicuci. Sebagian sepatu kets dan sepatu olah raga bahkan bisa dicuci di mesin cuci.
Kemudian, menaburi sepatu dengan bubuk penyerap bau. Bubuk soda kue merupakan bahan alami yang mampu menyerap bau. Taburkan sedikit bubuk soda kue atau bedak putih di dalam sepatu dan biarkan semalaman. Singkirkan serbuk ini sebelum sepatu dikenakan.
Langkah selanjutnya adalah memanfaatkan koran. Koran juga mampu menyerap bau. Buat gumpalan kertas koran, lalu pakai untuk menyumpal rongga sepatu. Biarkan selama sepatu tidak dipakai atau ketika disimpan agar sekaligus menjaga bentuk sepatu.
Kita juga bisa menggunakan produk penghilang bau sepatu. Kebanyakan produk semprotan penghilang bau dalam sepatu mengandung enzim dan/atau bakteri yang mampu melawan penyebab bau sepatu dengan hasil instan.
Selain itu,kita bisa menambahkan pewangi. Bahan-bahan beraroma sedap bisa fresher pakai untuk menggantikan bau di dalam sepatu. Letakkan kulit jeruk di dalam sepatu dan biarkan semalaman. Atau, teteskan sedikit minyak esensial di sol dalam sepatu dan biarkan hingga kering.
Terakhir yang bisa fresher lakukan adalah mengganti sol dalam sepatu. Di pasaran tersedia sol dalam sepatu yang terbuat dari bahan anti jamur. Jika produk semacam ini sulit didapatkan, pilih sol dalam berbahan katun. Apa pun yang Anda pilih, ganti sol dalam sepatu secara rutin sendiri di rumah atau memakai jasa tukang sol sepatu.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme