Menjadi Pengusaha di Kala Pensiun

Menjadi Pengusaha di Kala Pensiun, Masa pensiun menjadi masa yang mengkhawatirkan bagi sebagian orang, dimana mereka terbiasa dengan rutinitas pekerjaan selama bertahun-tahun yang secara mendadak terhenti. Rata-rata mengalami post-power syndrome, sehingga masa pensiun sebaiknya dipersiapkan sedini mungkin baik dari segi finansial maupun mental. Berbisnis salah satu cara untuk mengisi waktu secara positif bagi pensiunan. Berikut beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum memulai bisnis bagi pensiunan :

1.Mengamati potensi pasar di sekitar
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melihat potensi apa saja yang dibutuhkan pasar, dan setelahnya Anda berikan solusi untuk kebutuhan tersebut. Setelahnya berikan solusi untuk kebutuhan tersebut. Dengan demikian Anda dapat membaca peluang bisnis yang sesuai dan pastinya juga dapat disesuaikan dengan kesiapan modal usaha yang Anda miliki.

 
2.Persiapkan keahlian Anda
Gunakanlah keahlian yang Anda miliki sebagai modal penting dalam memulai bisnis. Anda dapat memanfaatkan kemampuan yang Anda miliki selama bekerja. Keahlian ini menjadi modal penting bagi Anda untuk memulai usaha.

 
3.Manfaatkan hobi Anda
Jangan pernah meremehkan hobi yang Anda miliki, karena hobi bisa menjadi sumber rupiah bagi Anda. Saat ini banyak sekali pengusaha yang berhasil dengan usahanya yang berawal dari hobi. Idnetifikasi hal-hal apa saja yang menjadi hobi Anda, misal Anda memiliki hobi berkebun, dari situ Anda dapat mencari berbagai macam produk yang berkaitan dengan kebutuhan berkebun sebagai peluang bisnis.

 
Tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis, bahkan setelah pensiun pun Anda tetap bisa produktif dan sukses dengan bisnis Anda sendiri. Hal dasar yang diperlukan dalam berbisnis adalah keberanian, kejelian dalam melihat peluang bisnis, kecepatan dalam mengeksekusi ide-ide bisnis dan modal finansial sebagai penunjangnya.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme