Menjaga Kulit Sehat di Musim Kemarau

Menjaga Kulit Sehat di Musim Kemarau

Menjaga Kulit Sehat di Musim Kemarau

Sobat Fresher, Musim kemarau masih belum berakhir, sinar matahari masih tetap terasa terik di setiap harinya. Udara kian terasa gerah dan kering, serta dapat menyimpan bahaya bagi kesehatan kulit anda. Sinar ultraviolet matahari tanpa anda sadari dapat merusak kolagen dan jaringan elastin yang bertugas menjaga kekuatan dan elastisitas kulit anda.
Berbagai studi penelitian, salah satunya yang dilakukan oleh peneliti Cancer Research UK di tahun 2011 silam, dalam hasil studinya menyebutkan bahwa paparan ultraviolet juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker kulit melanoma. Tidak hanya itu saja, cahaya buatan seperti sunlamps dan tanning bed juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker melanoma.

Untuk mengurangi risiko bahaya pada saat anda terkena paparan sinar matahari, berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mendapatkan kulit sehat di musim kemarau dari dokter kulit di Northwest Georgia Dermatology yang bisa sobat fresher terapkan :

1. Gunakan tabir surya atau SPF
Tabir surya atau SPF dapat melindungi kulit anda dari ultraviolet B atau UVB. Kadar SPF ditunjukkan dengan angka yang terdapat di belakangnya misal SPF15, SPF30 dan seterusnya. SPF15 berarti kulit anda akan terlindung selama 150 menit dan UVB yang diblok atau dihalangi yaitu sebesar 93 persen. SPF30 berarti kulit anda akan terlindungi selama 300 menit dan dapat menghalau sebesar 97 persen sinar UVB.

Tidak hanya SPF, anda juga perlu memilih produk yang mengandung kode PA atau Protection Grade of UV A supaya kulit anda terlindungi dari paparan sinar ultraviolet jenis A atau UVA. Tanda + setelah kode PA menandakan tingkat proteksi terhadap sinar ultraviolet jenis A atau UVA. Semakin banyak tanda + nya hal ini berarti semakin tinggi juga tingkat proteksinya, misalnya PA+, PA++, PA+++ dan seterusnya.

Ulangilah penggunaan tabir surya setiap dua jam sekali dan pilihlah yang tahan air, supaya keringat anda tidak mudah melarutkannya.

2. Hati-hatilah terhadap sinar matahari yang tersembunyi
Meskipun anda sudah berada di dalam ruangan atau di dalam mobil, bukan berarti anda sudah pasti terhindar dari paparan sinar ultraviolet. Bahkan, meski cuaca sedang mendung, itu juga belum berarti anda aman dari paparan sinar ultraviolet.

Sinar matahari dapat menembus awan tebal dan menyusup melalui lubang-lubang ventilasi dirumah, seperti jendela dan lubang angin. Tetap gunakan krim pelindung ultraviolet di manapun anda berada, baik digunakan pada pagi hingga sore hari.

3. Menepilah pada bayangan
Cara ini tidak bisa sepenuhnya melindungi anda dari sinar ultraviolet, tapi bisa sedikit mengurangi risiko anda terkena paparan sinar matahari langsung. Ketika anda berjalan di luar rumah, carilah bayangan yang memiliki ukuran besar seperti gedung atau pepohonan dan menepilah di bawah bayangan tersebut.

4. Gunakan topi lebar
Selain mampu menjadi pelengkap gaya anda, topi juga memiliki fungsi yang sama dengan bayangan pohon atau gedung, topi juga dapat mengurangi risiko anda terkena paparan langsung sinar matahari. Kenakan topi terutama pada pukul 10 pagi sampai pukul 4 sore, karena di saat itulah pancaran sinar matahari paling kuat dan sinar ultraviolet yang dihasilkan cukup besar.

5. Kenakan Kacamata Hitam
Organ kita seperti mata dan kulit di sekitarnya juga perlu anda lindungi dari paparan ultraviolet. Oleh karena itu,kenakan kacamata hitam pada saat anda akan keluar rumah di siang hari. Center for Disease Control of Prevention di Amerika Serikat merekomendasikan bahwa, kacamata hitam dengan perlindungan UVA dan UVB 99 persen.

Perhatikan label yang tertera di lensa anda berapa persen lapisan penangkal UVA dan UVB pada kacamata pilihan anda. Pilihlah yang lensanya lebar, supaya semakin banyak area sekitar mata anda yang dapat terlindungi dari sinar matahari.

6. Jangan lupakan yang tersembunyi
Apakah selama ini anda sudah mengoleskan krim tabir surya hanya pada bagian tubuh yang tidak terlindung pakaian? Jika ya, maka artinya anda telah melakukan kesalahan. Jika sinar matahari mampu menembus awan, maka artinya sinar matahari juga dapat menembus pakaian anda dan bagian tubuh anda yang tidak terlindungi pakaian.

Oleskan krim pelindung ke seluruh bagian tubuh, yang paling tersembunyi sekalipun. Seperti di belakang telinga, di lipatan-lipatan tubuh, sela-sela jari, belakang leher, semuanya harus mendapatkan perlindungan, supaya tidak ada celah bagi sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit anda dengan begitu mudahnya.

Demikian informasi yang Mr.Fresh bagikan seputar menjaga kulit sehat di musim kemarau, semoga bermanfaat. Salam Sukses Mulia.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme