Merawat Sprei Batik

Hai Fresher.. Siapa nih yang suka banget sama batik?
.
Batik saat ini memang tidak lagi dianggap kuno oleh sebagian besar masyarakat, bahkan menjadi tren yang mendunia. Batik pun bisa diaplikasikan ke dalam rok, celana, baju, dress dan bahkan sprei yang semuanya serba bermotifkan batik. Ngomongin soal sprei batik, apa bener cara perawatan dan mencucinya itu sama dengan sprei yang motifnya biasa saja?
.
Buat Fresher yang belum tau, kali ini Mr. Fresh akan membagikan tips kepada Fresher mengenai perawatan sprei batik supaya tetap awet dan corak warnanya tidak pudar.
.
Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan:
1. Hindari penggunaan sikat
Saat mencuci sprei batik, hendaknya tidak menggunakan sikat. Cukup bagian yang kotor dikucek dengan pelan agar warna tidak pudar.
2. Hindari penggunaan mesin cuci
Memang jauh lebih mudah mencuci kain sprei dengan mesin cuci. Tidak perlu capek mengucek dan lebih efisien. Akan tetapi, agar sprei batik tetap terlihat baru dan warnanya tidak pudar, hendaknya mencuci secara manual saja.
3. Jangan gunakan deterjen
Karena deterjan mengundang formula yang berbahan keras dan berpotensi merusak warna asli kain, gunakan shampoo sebagai penggantinya. Kandungan formulanya lebih lembut dan mampu menjaga kehalusan kain. Sabun mandi juga boleh ya, Fresher.
4. Jemur di tempat yang teduh
Agar sprei batik tetap terlihat baru, jemurlah di tempat yang teduh atau cukup diangin-anginkan saja. Jangan dijemur dibawah sinar matahari secara langsung. Itu akan memudarkan corak batik secara berangsur-angsur.
5. Hindari penggunaan kapur barus
Biasanya kapur barus sering dipasang di almari. Selain menghindari ngengat, baju-baju di almari pun semakin harum. Akan tetapi, kapur barus tidaklah cocok untuk kain Batik. Oleh sebab itu, penggunaan kapur barus sebaiknya dihindari. Gunakan pewangi lain.
.
Itulah beberapa tips dari Mr. Fresh agar sprei batik kesayanganmu bisa awet dan tahan lama. Selamat mencoba Fresher
.
Kalau Fresher sendiri suka motif batik apa nih?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

WordPress Theme