olahraga untuk jantung sehat

olahraga untuk jantung sehat

Olahraga Untuk Jantung Sehat

Jantung Anda tersusun dari beberapa kumpulan otot-otot. Seperti halnya otot di bagian tubuh lainnya, otot jantung pun akan menjadi lebih kuat apabila terus dilatih dengan kebiasaan gaya hidup yang aktif baik secara fisik dan olahraga teratur. Dalam hal ini dapat diterapkan oleh semua umur dan semua kalangan.Dengan olahraga jalan santai misalnya, selama 30 menit setiap hari rutin melakukan jalan santai dapat membawa banyak perubahan bagi kesehatan jantung anda. Orang yang tidak aktif secara fisik, dapat berisiko terkena penyakit kardiovaskular dua kali lebih tinggi dari mereka yang aktif bergerak melakukan olahraga. Kardiovasikular adalah gangguan kesehatan yang melibatkan fungsi sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

Dengan berolahraga rutin, jantung akan berfungsi dengan baik dan mengalami kesehatan yang cukup baik serta dapat membantu membakar kalori lebih banyak, dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan tingkat Kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kadar lemak yang baik (HDL).

Olahraga lain yang dapat menjaga jantung tetap sehat yaitu dengan melakukan latihan aerobik. Atau bisa mencoba berolahraga lain seperti jalan kaki, joging, lari, bersepeda, sepakbola, renang, serta latihan beban dan peregangan sebagai penyempurna latihan.

Bagi anda yang baru memulai rutin berolahraga, Badan Kesehatan Jantung Amerika American Heart Association(AHA) Memberikan tips olahraga yang sehat untuk jantung dimulai dengan berjalan kaki. Setelah itu anda dapat meningkatkan intensitas olahraga anda secara bertahap dengan joging atau lari.

Untuk durasi olahraga yang tepat sesuai dengan yang anda inginkan. AHA memberikan tips yang sesuai dengan jenis dan durasi berolahraga yang anda inginkan :

Untuk Memelihara Kesehatan Jantung Anda
Untuk memelihara kesehatan jantung anda, anda dapat melakukannya dengan berlatih aerobik dengan intensitas sedang selama 30 menit perhari, rutin dilakukan lima kali dalam satu minggu untuk mencapai total durasi latihan selama 150 menit perminggu.

Untuk Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol Anda
Untuk menurunkan tekanan darah serta kolesterol anda. Anda dapat melakukannya dengan berlatih aerobik dengan intensitas sedang atau tinggi selama durasi 40 menit, rutin dilakukan selama empat kali dalam seminggu.

Jika Anda belum mampu mencapai target latihan yang direkomendasikan dari AHA di atas, anda dapat melakukan olahraga apa saja dengan durasi yang anda bisa dan mampu untuk melakukannya. Setelah itu anda dapat meningkatkan perlahan intensitas dan durasi latihan anda supaya dapat mencapai target yang dianjurkan. Happy Healthy Sobat Fresher. Salam Sukses Mulia !!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme