credit : www.hercareer.pk
credit : www.hercareer.pk

Pada fase awal merintis bisnis tentunya kita akan bersemangat untuk meraih keberhasilan dalam bisnis kita dalam waktu yang singkat. Padahal bisnis tidaklah sesederhana itu. Akan ada banyak rintangan ataupun halangan, dan Anda harus siap akan segala tantangan dalam berbisnis. Namun jangan sampai karena tidak memperhatikan hal kecil menjadi awal mula dari kegagalan bisnis Anda. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar kesalahan bisnis ini tidak terjadi pada Anda :
1.Tidak mengatur arus modal dengan baik
Modal finansial memang bukanlah satu-satunya hal yang diperlukan ketika memulai bisnis. Namun Anda juga tidak mengabaikannya. Anda harus realistis dan memiliki modal yang cukup sebagai pijakan awal memulai bisnis Anda. Optimis bahwa bisnis Anda akan berhasil tentu diperlukan, namun jangan sampai optimisme tersebut justru nantinya menjatuhkan Anda sendiri. Kalkulasikan modal yang Anda miliki dan sesuaikan dengan biaya produksi. Sehingga nantinya tidak ada masalah utang piutang yang justru akan menyulitkan bisnis Anda sendiri.
2.Riset pasar dan strategi yang tepat
Sebelum bisnis berjalan, Anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Jangan sampai Anda asal terjun ke dunia usaha tanpa adanya riset pasar. Riset pasar akan membantu bisnis Anda lebih berkembang karena Anda sudah memiliki sasaran yang sudah jelas. Dengan demikian Anda juga dapat menentukan strategi yang tepat untuk memasarkan produk Anda. Siapkan rencana dengan matang. Dengan segala persiapan yang disusun dengan penuh perhitungan akan memudahkan Anda untuk terus mengembangkan bisnis Anda dan tidak stuck di satu titik.
3.Hanya fokus pada profit
Bisnis memang bertujuan untuk memperoleh profit, namun jangan sampai Anda hanya berfokus pada profit saja dan tidak memperhatikan proses bisnis itu sendiri. Ketika hanya berfokus pada hasil akhir dan profit saja, maka Anda tidak akan menyadari ketika terdapat resiko menghadang bisnis Anda.
4.Tidak berhati-hati dalam memilih partner bisnis
Berbisnis dengan partner ataupun teman memang memiliki keuntungan. Selain dapat bekerjasama dalam hal modal, tentunya bekerja bersama teman yang telah kita kenal sebelumnya akan terasa lebih menyenangkan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memilih teman untuk dijadikan rekan bisnis. Anda perlu memilih teman yang memiliki misi dan visi yang sama, karena tanpa adanya kesamaan dalam dua hal tersebut, tentunya akan menghambat laju bisnis Anda ke depannya dan memperbesar resiko ‘pecah kongsi’ ke depannya. Selain itu, jangan pernah lupa untuk tetap bersikap profesional dalam hubungan bisnis sekalipun dengan teman sendiri.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme