pembuatan cairan pembersih sepatu

Cairan pembersih dapat dibuat sendiri, agar mendorong biaya pengeluaran agar lebih sedikit, berikut ini adalah beberapa cara pembuatan cairan pembersih sepatu laundry

Cairan pembersih sepatu yang bagus dibuat dari bahan baku/dasar yang natural sehingga aman untuk sepatu, kesehatan, dan lingkungan. Bahan pembuat cairan pembersih sepatu umumnya mengandung surfaktan, cleansing agent, anti bakteri, anti jamur/fungi, pelarut parfum  dan zat penetral pH.

Untuk mengetahui pH apakah termasuk asam (pH<7) atau basa (pH>7), anda dapat menggunakan kertas lakmus. Kertas lakmus akan berwarna merah jika dicelupkan ke dalam larutan asam dan akan berwarna biru jika dicelupkan ke dalam larutan basa. Alternatifnya, anda dapat menggunakan bagian tanaman bunga sepatu, yaitu mahkotanya. Larutan deterjen umumnya bersifat basa. Jika larutan deterjen dicampur dengan cairan mahkota bunga sepatu maka akan berwarna biru.

Sebelum anda memutuskan untuk membeli cairan pembersih sepatu, yuk kita cari tahu bahan atau zat apa yang digunakan dalam produk pembersih sepatu.

mencuci sepatu putih

Bahan alami untuk membuat cairan pembersih sepatu

Minyak kelapa murni (VCO)

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil adalah salah satu bahan alami dalam ramuan pembersih sepatu. Bahan ini membuat performa cairan pembersih sepatu lebih maksimal. Anda tentunya sudah tahu jika jenis kotoran yang menempel di sepatu itu banyak jenisnya. Untuk menghilangkan bau sepatu, ditambahkan juga aroma alami yang khas pada ramuan. Ini adalah inovasi dalam produksi cairan pembersih sepatu, khususnya cairan penghilang bau sepatu.

Minyak atsiri

Ramuan dalam cairan pembersih sepatu yang alami diantaranya adalah minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO), jojoba oil (minyak jojoba), natural/essential oil.  Minyak kelapa dan jojoba berfungsi sebagai cleansing agent alami yang mengangkat kotoran dari sepatu. Essential oil (minyak atsiri) seperti lavender dan lemon berfungsi sebagai anti bakteri  dan anti jamur.

Kemasan produk cairan pembersih sepatu

Untuk melindungi kualitas produk maka produk dikemas dengan kemasan yang baik. Konsumen yang akan membeli produk pun akan merasa lebih percaya dengan kemasan produk yang maksimal. Melalui branding dan dasain kemasan yang baik, bisa mengantarkan produk lokal menjadi produk berkelas internasional.

Bahan kimia pembersih sepatu

Dalam ramuan produk pembersih sepatu, tidak semuanya mengandung bahan alami. Untuk mendapatkan hasil maksimal yang bahan alaminya belum ditemukan, terpaksa digunakan bahan kimia didalamnya. Penting untuk anda ketahui bahwa setiap bahan dalam ramuan cairan kimia pembersih dan pelindung sepatu memiliki fungsi masing-masing. Kandungan bahan kimia dalam formula pembersih sepatu adalah detergent, anti bakteri, anti fungi dan parfum sintetis. Itu adalah beberapa bahan kimia untuk membuat cairan pembersih sepatu.

Informasi peluang usaha buat Anda yang berbisnis laundry sepatu. Silakan baca rekomendasi kami tentang produk cairan pembersih buatan pabrik lokal di bagian akhir artikel. Dimanapun usaha laundry sepatu anda, apakah di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya, Bali, Medan, Semarang atau kota kecil, peluang usaha jasa pembersih sepatu masih terbuka lebar. Oh iya, sebagian orang menyebut produk pembersih sepatu dengan nama obat pembersih sepatu.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

WordPress Theme