Pilihan Dalam Mencari Peluang Bisnis

Kebutuhan setiap manusia berbeda-beda. Hal inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan menjadi suatu peluang bisnis. Sebelum terjun ke dunia bisnis, ada baiknya Anda mengenali jenis peluang pasar yang nantinya akan Anda masuki :

1.Blue ocean
Blue ocean berarti Anda masuk ke dalam pasar dengan tingkat persaingan yang rendah, atau bahkan tanpa pesaing. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menciptakan pasar baru, dengan sebuah produk baru atau variasi baru dari produk sejenis. Hal ini menjadikan Anda sebagai penjual utama, tanpa adanya pesaing. Anda dapat menentukan harga produk Anda sendiri tanpa harus mempertimbangkan faktor kompetitor. Namun tantangan untuk memasuki jenis pasar ini adalah Anda perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengenalkan dan mempromosikan produk baru ke masyarakat, karena tentunya tidak mudah untuk mengenalkan produk baru, perlu waktu dan modal yang cukup besar. Resiko lebih besar muncul jika ternyata produk yang dijual tidak laku di pasaran. Resiko lain muncul ketika bisnis Anda berhasil dan booming di pasaran, maka kemungkinan untuk muncul followers bisnis Anda akan besar. Hampir bisa dipastikan ketika suatu bidang bisnis baru memiliki banyak peminat, maka akan muncul kompetitor baru yang ikut terjun di bidang tersebut.
2.Red ocean
Red ocean berarti Anda memasuki pasar yang sudah ditekuni oleh pebisnis lain. Anda sudah tidak perlu repot-repot lagi eksperimen produk baru, survey pasar dan lain sebagainya karena sudah memiliki konsumen yang jelas dan pasar yang sudah terbentuk, Anda tinggal bersaing dengan kompetitor yang sudah ada. Keuntungan dari model bisnis ini Anda tidak perlu terlalu repot mencari lokasi bisnis, karena lokasi bisnis yang terbaik adalah yang berdekatan dengan kompetitor sejenis lain yang sudah ramai. Dengan kemudahan memanfaatkan model ini, kita bisa menghemat dana eksperimen, hemat biaya survey, dan hemat dana promosi. Tetapi karena dinamakan Red Ocean, maka kita harus siap dengan ketatnya persaingan, saingan kualitas produk, saingan kualitas pelayanan, dan lainnya.
Kedua model bisnis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam memilih model bisnis yang akan Anda tekuni, ada baiknya Anda sesuaikan dengan kondisi Anda dan modal yang Anda miliki

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme