Rasa Bahagia Membuat Tubuh Sehat

Rasa Bahagia Membuat Tubuh Sehat

Rasa Bahagia Membuat Tubuh Sehat

Sobat Fresher, selama 50 tahun terakhir, para ilmuwan telah menemukan hasil studi penelitiannya bahwa tubuh dan pikiran bukan hanya sekedar terhubung, melainkan juga terjalin sangat erat dan saling mempengaruhi satu sama lain. Berikut Mr.Fresh rangkum informasinya seputar rasa bahagia membuat tubuh sehat berikut ini :

Dalam berbagai studi penelitian lain juga mengungkapkan bahwa keterkaitan antara otak, pikiran, dan sistem imun sangat mempengaruhi satu sama lain dalam sistem keseluruhan pada tubuh kita. Salah satunya disebutkan bahwa, orang yang sering stres akan lebih rentan menderita flu dan gejala gangguan tenggorokan.

Stres merupakan sumber penyakit

Dalam hasil studi penelitian menyebutkan bahwa, kondisi emosional seseorang seperti halnya stres, takut, atau rasa marah, maka akan mengirimkan sinyal terhadap kelenjar utama di tubuh anda untuk melepaskan hormon tertentu, misalnya hormon kortisol, adrenalin, dan epineprin.

Hormon tersebut diatas akan membuat sel-sel dalam tubuh anda untuk selalu siap berjaga dan tidak beristirahat pada saat akan diperlukan. Hasilnya, maka tubuh anda akan melupakan sejenak tugas untuk mencerna makanan atau melawan penyakit supaya tekanan darah anda naik dan dapat terus berlari kencang untuk menjaga imunitas tubuh anda.

Namun, terkadang aktivitas berat yang anda lakukan sehari-hari kini tergantikan oleh rasa takut yang tidak ada habisnya seperti takut gagal, takut dipecat, dan lain sebagainya. Tubuh kita akan terus-menerus dipaksa untuk bekerja dengan maksimal, hingga anda nantinya akan jatuh sakit.

Mengapa hal ini demikian terjadi? Alasannya, pada waktu anda sedang bekerja, maka tubuh anda akan melupakan virus atau bakteri infeksi yang masuk ke dalam tubuh anda, agar anda bisa tetap bekerja atau melawan stres. Virus tersebut baru akan dibasmi ketika tubuh anda punya waktu untuk melambat, yaitu pada saat liburan.

Rasa Bahagia Membuat Tubuh Sehat

Dengan anda berbahagia secara tidak langsung anda melepaskan kepenatan yang tengah anda alami, selain itu dapat melepaskan hormon stres yang ada pada tubuh anda, maka tubuh anda juga bisa mengeluarkan hormon untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda, terutama pada saat anda sedang merasakan gembira atau rileks. Hormon yang dihasilkan misalnya hormon serotonin, dopamin, relaxin dan oksitosin.

Banyak aktivitas sehari-hari yang dapat membuat tubuh anda memilik banyak kandungan hormon itu, mulai dari anda rutin berolahraga untuk melepaskan ketegangan emosi anda, tertawa lepas dengan teman kerja anda, atau bermain-main dengan hewan kesayangan anda. Maka, kekebalan tubuh anda yang terjaga merupakan kunci untuk melawan penyakit, termasuk kanker. Oleh karena itu, cobalah untuk meluangkan waktu anda untuk melakukan aktivitas yang dapat membuat anda rileks dan bahagia.

Demikian informasi yang Mr.Fresh bagikan seputar rasa bahagia membuat tubuh sehat, semoga bermanfaat. Salam Sehat Salam Sukses Mulia.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme