Resiko Utama Dalam Menjalankan Bisnis

 

Ketika Anda memulai bisnis, pasti Anda akan penuh dengan ide-ide, inovasi, kesempatan bagus dan melihat potensi tinggi dalam bisnis Anda. Namun di saat yang bersamaan, Anda pasti juga terbayang dengan resiko yang menanti bisnis Anda. Oleh karenanya ketika Anda memulai bisnis, Anda perlu mempersiapkan diri dan menidentifikasi resiko yang sekiranya mungkin terjadi dalam bisnis Anda. Berikut beberapa resiko yang perlu Anda perhatikan saat memulai bisnis sendiri :

1.        Resiko Produk

Anda harus memastikan produk yang akan Anda jual memiliki pasar yang jelas. Anda harus memastikan bahwa produk yang Anda jual penting bagi konsumen, dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang dialami konsumen dan memiliki cirri khas serta kelebihan jika dibandingkan dengan produk kompetitor. Anda disarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan produk Anda memiliki daya jual dan daya saing.

2.        Resiko Pasar

Ketahui lebih dulu siapa target konsumen Anda dan mengapa, bagaimana, serta di mana mereka membeli produk yang akan Anda jual itu. Gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai siapa target konsumen Anda dan apa kebiasaan mereka. Cari tahu bagaimana Anda bisa memasuki pasar tersebut, apalagi di tengah kompetisi dari produk serupa.

3.       Resiko finansial

Permasalahan keuangan juga menjadi resiko terutama bagi pengusaha pemula yang belum memiliki pengalaman untuk mengelola keuangan usaha dengan baik. Banyak dari mereka yang gagal karena tidak memiliki rencana keuangan yang matang. Pastikan Anda memiliki rencana bisnis yang lengkap mulai dari modal, biaya promosi hingga ke target pendapatan. Dengan demikian Anda bisa memproyeksikan keuangan Anda, termasuk ketika Anda tidak dapat memenuhi target pendapatan.

4.       Resiko tim

Pada awal pembukaan bisnis, Anda mungkin belum melibatkan banyak orang dalam bisnis Anda. Namun seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda, Anda harus memulai merekrut tim untuk mendukung kinerja bisnis Anda. Oleh karena itu, penting untuk membangun kedekatan tim dan teamwork yang solid, sehingga para anggota tim bisa saling memberikan ide untuk mengembangkan bisnis

5.       Resiko eksekusi

Banyak pula pengusaha baru yang bisa membayangkan mengenai bisnis mereka, namun gagal dalam mengeksekusi. Agar eksekusi bisa sesuai dengan bayangan Anda, maka perhatian pada detail pekerjaan bisa menjadi salah satu solusi. Saat menjadi entrepreneur atau pengusaha, akan ada risiko yang bisa Anda kontrol dan ada pula yang tidak. Satu hal yang pasti, Anda harus mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai risiko tersebut

 

 

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme