7 Makanan yang Perlu Dikurangi

Apa makanan favorit anda Fresher? Makanan berperan penting akan kesehatan sesorang. Salah memilih makanan bisa berefek negative bagi tubuh. Mungkin dampaknya tidak akan langsung terlihat tetapi bisa menjadi sumber penyakit dimasa akan datang.

Coba cek beberapa makanan berikut apakah ada yang menjadi favorit Fresher?

1. Roti putih
Roti putih dikonsumsi sebagai makanan pokok di beberapa negara. Roti putih juga bisa dijadikan menu untuk sarapan atau untuk snacking. Kenyataannya,roti ini tak menyumbang nutrisi apa pun bagi tubuh, roti putih mengandung banyak gula dan tetap tak bisa mengenyangkan pemakannya.

Ganti roti putih dengan roti gandum yang lebih kaya serat jika memungkinkan. Di Amerika, banyak orang mulai mengganti roti putih mereka dengan tortillas.

2. Salad dengan saus krim
Saat anda ingin memakan sayuran segar mungkin salad terpikir di benak anda sebagai menu sehat yang nikmat. Salad memang bernutrisi karena tersusun atas sayuran, buah, dan bahan rendah kalori lainnya. Tetapi sebagian orang menyukai salad karena saus nya yang creamy dan lezat. Tahukah anda bahwa bahan krim yang ada dalam saus salad ternyata mengandung banyak lemak dan kalori. Sedikit saus saja bisa mengandung lebih banyak kalori dibandingkan dengan seisi mangkuk salad.

Kini banyak orang mengonsumsi saus berbahan minyak sayur. Selain ringan untuk pencernaan, saus yang satu ini punya kalori yang lebih sedikit

3. Nasi putih
Bagi masayarakat Indonesia belum makan jika belum mengkonsumsi nasi.  Sehingga nasi menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Tahukah Fresher ternyata terlalu banyak mengkonsumsi nasi putih tidak terlalu baik bagi tubuh karena tapi kenyataannya, nasi membuat tubuh menyimpan lemat ketika tak dibutuhkan, nasi juga mengandung gula yang tersembunyi yang bisa mengakibatkan kegemukan. Selain karbohidrat, tak ada lagi kandungan gizi yang dipunyai nasi.

Banyak orang sekarang beralih ke beras merah karena lebih banyak mengandung vitamin dan nutrisi. Dan lagi beras merah membuat orang tahan kenyang lebih lama.

4. Soda
Hampir seluruh minuman bersoda menggunakan gula sirup jagung (high fructose corn syrup /HFCS), yang lebih buruk dari gula biasa. HCFS menyebabkan kadar gula dalam tubuh berfluktuasi tajam.
Soda juga merupakan minuman dengan kandungan asam paling kuat. Saking kuatnya, asam dalam soda mengalahkan kandungan alkaline dalam tubuh yang cenderung basa. Hal ini dikhawatirkan bisa membuat tubuh lebih rentan diserang virus dan bakteri.

5. Gorengan
Gorengan kandungan kalorinya tinggi, kandungan lemak/minyak dan oksidanya tinggi. Bila dikonsumsi secara regular dapat menyebabkan kegemukan, mengakibatkan hyperlipitdema dan sakit jantung korener. Dalam prosese menggoreng sering terjadi bnayak zat karsiogenik, hal mana telah dibuktikan kecenderungan kanker bagi mereka yang mengkonsumsi makanan gorengan jauh lebih tinggi dari yang tidak/sedikitmengkonsumsi makanan gorengan.

6. Makanan kalengan
Baik yang berupa buah kalengan atau daging kalengan, kandungan gizinya sudah banyak dirusak, terlebih kandungan vitaminnya hampir seluruhnya dirusak.
Terlebih dari itu kandungan proteinnya telah mengalami perubahan sifat hingga penyerapannya diperlambat. Nilai gizinya jauh berkurang. Selain itu banyak buah kalengan berkadar gula tinggi dan diasup ke tubuh dalam bentuk cair sehingga penyerapannya sangat cepat. Dalam waktu singkat dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat, memberatkan beban pankreas. Bersamaan dengann tingginya kalori, dapat menyebabkan obesitas.

7. Makanan asinan
Dalam proses pengasinan dibutuhkan penambahan garam secara signifikan, hal mana dapat mengakibatkan kandungan garam makanan tersebut melewati batas,menambah beban ginjal.
Bagi pengkonsumsi makanan asinan tersebut, bahaya hipertensi dihasilkan. Terlebih pada proses pengasinan sering ditambahkan amonium nitrit yang menyebabkan peningkatan bahaya kanker hidung dan tenggorokan.
Kadar garam tinggi dapat merusak selaput lender lambung dan usus. Bagi mereka yang secara kontinu mengkonsumsi makanan asin radang lambung dan usus kemungkinan tinggi.

Bagaimana Fresher? adakah makanan di atas salah satu favorit anda? sebaiknya mulai dikurangi sedari sekarang ya

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme